Surabaya (ANTARA) - Pelatih Caretaker Persebaya Uston Nawawi menyebut pemain belakang Dusan Stevanovic tidak bisa diturunkan saat menjamu Borneo FC pada pekan kesebelas Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, 3 September.

"Dusan, Toni, dan Risky Dwiyan cedera, tapi tidak masalah karena masih ada pemain lain. Untuk Victor kemungkinan bisa diturunkan," ucap Uston dalam keterangannya di Surabaya, Rabu.

Ia pun tidak mempermasalahkan abesnnya Dusan pada pertandingan mendatang karena sebelumnya juga sudah dilakukan pergantian pemain, yaitu saat melawan PSS Sleman.

"Kemarin sudah diganti sama Yohanes Kandaimu saat melawan PSS Sleman, jadi menurut saya tidak ada masalah," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, ada kabar baik untuk lini depan klub berjuluk Bajol Ijo tersebut, yakni dengan kembalinya Paulo Victor setelah absen dalam dua laga.

"Kami akan lihat kondisi terakhirnya Paulo Victor, lihat perkembangannya hari demi hari sampai menjelang laga, setelah itu baru akan kami putuskan dia bermain di babak pertama atau kedua," tuturnya.

Sementara itu, dokter tim Persebaya Ahmad Ridhoi menjelaskan cedera yang dialami Dusan Stevanovic merupakan akumulasi dari awal sejak menginjakkan kaki di Surabaya.

"Sebelumnya dia bermain di Eropa dan pindah ke Asia yang notabene lapangannya tidak seempuk di Eropa dan cuaca di sini juga panas, akhirnya ada masalah di tendon achilles, namun yang parah di kaki kiri," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, ia menyarankan agar Dusan tidak diturunkan saat melawan Borneo FC dan akan fokus ke pertandingan berikutnya.

"Kenapa disiapkan untuk next match karena jedanya kan panjang, jadi tidak masalah," ucapnya.

Baca juga: Arema raih kemenangan perdana atas Persikabo 1973 di Bali

Sementara untuk kondisi Toni Firmansyah, lanjutnya, mengalami patah tulang selangka atau fraktur clavicula sebelah kiri akibat terjatuh saat menjalani uji coba pertandingan di Sidoarjo.

"Saat uji coba dia jatuh dan jatuhnya tidak pas kemudian dia didiagnosis patah tulang selangka atau fraktur clavicula kiri," ucapnya.

Langkah selanjutnya, lanjut dia, dua pekan setelah operasi akan ada evaluasi bersama dokter ortopedi.

"Hasil dari operasi pada Selasa (29/8) sore baik dan lancar, setelah dua pekan akan kami evaluasi lagi," katanya.

Sedangkan untuk kondisi Paulo Victor sudah dipastikan dapat merumput kembali karena sudah pulih dan sudah sempat merasakan pertandingan uji coba.

"Victor sudah bergabung dengan tim, kemarin juga sudah ikut uji coba tapi saya tidak tahu bermain full atau tidak, namun sejauh ini untuk kondisi dan cederanya sudah membaik," ujarnya.

Baca juga: Borneo FC menang tipis 2-1 atas Persita
Baca juga: PSM Makassar menang tipis 1-0 atas Persis Solo

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023