Kita bersyukur jumlah wisman mulai banyak, ini artinya pariwisata Labuan Bajo mulai bangkit dan menggeliat lagi
Manggarai Barat, NTT (ANTARA) - Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, mencatat kenaikan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Labuan Bajo dari bulan Juni 2023 ke bulan Juli 2023.

"Kita bersyukur jumlah wisman mulai banyak, ini artinya pariwisata Labuan Bajo mulai bangkit dan menggeliat lagi," kata Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat Pius Baut di Labuan Bajo, Rabu.

Dinas Pariwisata setempat mencatat total kunjungan wisman pada bulan Juli sebanyak 5.056 orang. Angka ini naik sebesar 0,42 persen dari jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung pada bulan Juni yakni sebanyak 3.536 orang.

Naiknya jumlah wisman ini terlihat pada sejumlah tempat wisata, seperti Gua Batu Cermin, Gua Rangko dan Cunca Wulang.

Pius merinci jumlah wisman di Batu Cermin pada bulan Juli sebanyak 1.023 orang, bertambah 506 orang dari jumlah bulan sebelumnya sebanyak 517 orang.

Baca juga: Manggarai Barat buka pelatihan tour leader jawab tantangan pariwisata

Baca juga: Pemkab Manggarai Barat optimalkan Puncak Waringin untuk pariwisata


Selanjutnya wisman yang berkunjung ke Gua Rangko pada bulan Juli 2023 sebanyak 1.589 orang, naik dari jumlah sebelumnya sebanyak 543 orang.

Sedangkan jumlah wisman yang berkunjung ke Cunca Wulang pada bulan Juli 2023 sebanyak 460 orang, naik dari bulan sebelumnya sebanyak 315 orang.

"Kami optimistis jumlah kunjungan pada bulan Agustus ini meningkat juga," ucapnya.

Pius mengatakan kenaikan jumlah wisman berkaitan erat dengan kelonggaran perjalanan pascapandemi COVID-19.

Selain itu bulan Juni dan Juli merupakan awal masa musim ramai atau high season bagi sejumlah destinasi di Labuan Bajo.

Untuk terus meningkatkan jumlah kunjungan yang akan berkontribusi pada pendapatan asli daerah, pemerintah daerah gencar mempromosikan Labuan Bajo lewat berbagai acara baik pemerintahan, swasta maupun media sosial.

Kampanye "Ayo ke Labuan Bajo" terus digalakkan, termasuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang ada di daerah untuk melayani tamu.

Selain berbagai pelatihan, pemerintah daerah juga melakukan pengawasan terhadap kondisi infrastruktur di setiap destinasi.

Dengan demikian, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan budaya yang ada tanpa ada gangguan.

"Sekarang Puncak Waringin sudah mulai dibuka untuk umum, jadi mari manfaatkan momen itu untuk datang dan berfoto di sana," kata Pius.

Baca juga: PLN siagakan personel-peralatan sukseskan AMMTC Ke-17 di Labuan Bajo

Baca juga: BPOLBF buka akses pasar bagi UMKM yang terlibat di Festival Golo Koe

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023