Jakarta (ANTARA) - Sebanyak delapan tim esports terbaik dari Indonesia siap bersaing di turnamen Arena of Valor Star League (ASL) 2023 Winter yang bergulir dari awal hingga akhir September.

Dikutip dari keterangan resmi yang diterima pada Rabu, delapan tim yang tergabung yaitu Kagendra, Mahadewa, Red Viper, Æsir, Lethal Assault Beepro, Bacang Time, Very Scary, dan NVG Team akan berlaga di turnamen esports tier tertinggi Garena AOV Indonesia sebelum menuju kompetisi AOV tingkat dunia.

ASL 2023 Winter merupakan seri kedua ASL pada tahun ini setelah sebelumnya ASL 2023 Spring digelar pada Februari-Maret.

Semua tim akan bersaing untuk membawa pulang bagian terbesar dari total prize pool senilai Rp365 juta serta hak untuk menjadi wakil di turnamen AOV berskala internasional.

Juara ASL 2023 akan mendapatkan hadiah senilai Rp150 juta, bagian terbesar dari prize pool.

Adapun dua tim besar yaitu Kagendra dan Mahadewa (sebelumnya Dewa United Esport) akan saling berhadapan pada pertandingan pembuka yang berlangsung pada pada Jumat (1/9).

Sebagai runner-up musim lalu, Mahadewa tentunya akan menjadikan pertandingan ini sebagai percobaan pembalasan dendam atas kekalahan mereka di tangan Kagendra.

Salah satu tim yang paling menarik perhatian di ASL 2023 Winter adalah Bacang Time. Tim komunitas AOV ini berhasil masuk ke ASL 2023 Winter melalui jalur yang cukup panjang, dimulai dari kualifikasi online Clash of Valor, hingga melibas semua lawan dan mempertahankan win streak 100 persen di babak kualifikasi ASL B Series.

Dengan status tersebut, Bacang Time dipastikan akan menjadi kuda hitam yang siap mendobrak dominasi tim-tim kuat di ASL 2023 Winter.

Baca juga: eFootball dan DOTA2 Indonesia lolos babak playoff Kejuaraan Dunia IESF

ASL 2023 Winter akan terbagi ke dalam tiga fase, yaitu Regular Season, Playoff, dan Grand Final. Babak Regular Season ASL 2023 Winter akan berlangsung secara online pada 1-17 September setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu. Di babak ini, setiap tim akan saling berhadapan sebanyak dua kali dengan format Best of Five atau Bo5.

Dari babak Regular Season, empat tim dengan poin tertinggi akan melaju ke babak Playoff pada 22-23 September. Babak ini akan menggunakan sistem Double Elimination dengan format Best of Seven (Bo7).

Hanya akan ada dua tim terbaik yang siap bertanding di babak pamungkas, Grand Final ASL 2023 Winter pada 30 September dengan format Bo7. Khusus untuk Grand Final, pertandingan akan digelar secara offline.

Baca juga: Tekken7 Indonesia melaju ke babak playoff Kejuaraan Dunia IESF 2023
Baca juga: “Sky: Children of Light” resmi pecahkan Rekor Dunia Guinness


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023