Kami berharap dengan bantuan tersebut masyarakat khususnya para petani penderes di wilayah Kabupaten Banyumas dapat merasakan manfaat
Banyumas (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama anak perusahaan, KAI Logistik, menyalurkan bantuan berupa 500 bibit kelapa genjah entog di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sebagai wujud peran serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Bantuan yang diwujudkan melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) itu diserahkan secara simbolis oleh Kepala PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat bersama Senior Manager Wilayah Tengah KAI Logistik Yogi Perkasa kepada Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono di Dukuh Sela Desa Karanganyar Kecamatan Patikraja, Banyumas, Rabu.

Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat mengatakan selain untuk para petani penderes di Desa Karanganyar, bibit kelapa genjah tersebut juga akan didistribusikan untuk petani penderes di Desa Kebasen  Kecamatan Kebasen, Desa Kranggan  Kecamatan Pekuncen, Desa Pageraji  Kecamatan Cilongok dan Desa Watuagung Kecamatan Tambak.

Menurut dia, bantuan tersebut merupakan wujud komitmen KAI untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perusahaan maupun masyarakat pada umumnya melalui Program Kemitraan, Program Bina Lingkungan dan Community Relations.

"Kami berharap dengan bantuan tersebut masyarakat khususnya para petani penderes di wilayah Kabupaten Banyumas dapat merasakan manfaat, nantinya dapat menghasilkan nilai ekonomis untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan," katanya.

Baca juga: KAI Purwokerto tawarkan layanan angkutan rombongan

Baca juga: KAI sosialisasikan keselamatan perjalanan KA melalui jepretan foto


Selain itu, kata dia, penyerahan bibit kelapa genjah entog tersebut sebagai wujud KAI untuk terus mendukung program pemerintah dengan BUMN Hijaukan Indonesia.

Menurut dia, program tersebut ditujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan dapat menangkal polusi udara.

Sementara itu, Senior Manager Wilayah Tengah KAI Logistik Yogi Perkasa mengatakan KAI Logistik yang bergerak dalam jasa layanan pengiriman barang, siap dan mendukung pengiriman barang dari Kabupaten Banyumas menuju seluruh kota yang tersebar di wilayah Sumatrra, Jawa dan Bali.

"Core bisnis KAI Logistik adalah jasa logistik atau distribusi barang termasuk barang-barang yang akan dibutuhkan oleh masyarakat dan pelaku usaha di Kabupaten Banyumas yang perlu didatangkan dari luar wilayah dengan layanan pick up dan dooring (jemput dan antar)," jelasnya.

Terkait dengan hal itu, Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengharapkan bibit kelapa genjah entog tersebut akan memudahkan petani dalam menderes nira kelapa karena pohonnya tidak terlalu tinggi.

Dengan demikian, kata dia, risiko jatuh dari pohon kelapa dapat diminimalkan dan petani pun akan semakin sejahtera. 

Baca juga: KAI: 10 KA berhenti luar biasa di Daop 5 Purwokerto pascagempa M6,4

Baca juga: KAI Purwokerto beri diskon harga tiket 10 persen di Kebumen Expo 2023

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023