Bandung (ANTARA News) - Tuan rumah Pelita Bandung Raya (PBR) meraih kemenangan atas Persiwa Wamena 2-1 (0-1) pada pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2013 di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Minggu.

Pelita BR sempat dikejutkan dengan gol cepat Persiwa melalui striker Sekou Camara saat pertandingan berjalan semenit. Namun tim asuhan Darko Janakovic itu akhirnya mampu bangkit sekaligus memastikan kemenangan 2-1 melalui gol M Arsyad menit ke-69 dan gol Gaston Castano melalui titik penalti menit ke-80.

Kemenangan tuan rumah Bandung Raya ditandai dengan insiden pemukulan oleh striker pengganti Persiwa Pieter Romaropen yang mengakibatkan mulut wasit Muhaimin berdarah hingga membasahi kostum kuningnya.

Insiden yang tidak perlu terjadi itu terlangsung menit ke-79, ketika wasit Muhaimin memutuskan tembakan penalti kepada Pelita BR setelah bek Nova Aryanto yang membantu penyerangan dijatuhkan oleh takling OK Jhon.

Keputusan itu diprotes pemain Persiwa yang menganggap OK Jhon melakukan takling bersih lebih dulu sebelum dilanggar kaki Nova. Dalam aksi tersebut, Pieter Romaropen melakukan gerakan pukulan ke arah mulut wasit Muhaimin.

Pieter sempat mengejar wasit, namun dihalangi oleh rekannya Kim Yong Han. Muhaimin sempat mendapat perawatan dari tim medis di pinggir lapangan.

Pertandingan sempat tertunda selama 10 menit akibat insiden itu, inspektur pertandingan akhirnya mengganti wasit Muhaimin dengan wasit cadangan Thabrani.

Thabrani langsung mengeluarkan kartu meraih untuk Pieter Romaropen yang saat itu langsung menerima keputusan wasit pengganti. Kartu merah itu merupakan yang kedua pada pertandingan itu yang diberikan wasit kepada pemain Richardo Roberto.

Akibatnya Persiwa Wamena harus mengakhiri pertandingan dengan delapan pemain.

Dengan kemenangan itu, Pelita Bandung Raya naik dua peringkat ke urutan 15 klasemen sementara Liga Super Indonesia (LSI) dengan nilai 14 hasil dua kali menang, lima kali seri dan tujuh kalah. Nilai PBR sama PSPS namun tim Pekanbaru itu kalah selisih gol.

Sementara itu Persita tertahan di peringkat keenam dengan nilai 22 hasil 15 kali bertanding, tujug kali menang, satu seri dan enam kali kalah.

Pertandingan Pelita BR melawan Persiwa berlangsung cukup ketat di lapangan yang becek sehingga menyulitkan pemain melakukan kontrol bola.

Susunan Pemain
PBR: Edi Kurnia, Mijo Dadic, Nova Aryanto, Rendi Saputra/ M Solehudin, Leonard Tampamahu, Gaston Gastano, Munadi, Doly Gultom, Rama Pratama, M Arsyad/ Iman, Ridwan Sayedeh.

Persiwa: Dwi Kuswanto (kiper), Rony Firmansyah/ Peter Romaropen, M Hamzah, Camara Sekou, Kim Yong Han, Richardo, OK Jhon, G Junior, R Elopere, Agus Hendrawan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013