Jakarta (ANTARA) - Timnas basket Spanyol menyapu bersih tiga laga di Grup G Piala Dunia FIBA 2023 dengan kemenangan setelah menaklukkan Iran pada pertandingan ketiga dengan skor 85-65 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

Dua kemenangan Spanyol sebelumnya diraih saat menaklukkan Pantai Gading dengan skor 94-64 pada Sabtu (26/8) dan mengalahkan Brasil dengan skor 96-78 pada Senin (28/8).

Spanyol tidak memulai kuarter pertama dengan baik. Tembakan tiga angka Piter Girgoorian memulai keunggulan Iran yang memimpin lebih dahulu dengan skor 3-0. Spanyol lalu membalas melalui layup Juancho Hernangomez dan skor pun berubah menjadi 2-3.

Setelahnya, tim asuhan Hakan Demir mendominasi dan sempat unggul 7 poin dengan skor 15-8. Tampil apik sepanjang kuarter awal, Iran pun menutup dengan keunggulan 17-16.

Pada kuarter kedua, Spanyol memperbaiki permainan. Dua kali tembakan dua angka dan satu kali free throw Santiago Aldama membawa Spanyol berbalik unggul 23-17.

Baca juga: Brasil temani Spanyol lolos ke babak selanjutnya di Piala Dunia FIBA 2023

Spanyol yang menyandang status sebagai juara bertahan lalu bermain lebih rapi. Puncaknya, tembakan dua angka Juancho Hernangomez membawa mereka menutup kuarter kedua dengan keunggulan selisih 10 poin dengan skor 43-34.

Tim asuhan Sergio Scariolo itu meneruskan permainan apik seperti kuarter kedua. Iran sempat memperkecil kedudukan menjadi selisih 4 poin dengan skor 39-43.

Namun, tembakan tiga angka Alex Abrines membawa Spanyol kembali menjauh dengan skor 46-39. Spanyol lalu membuat selisih poin tertinggi mereka dengan 12 poin saat dunk Juancho Hernangomez membuat skor berubah menjadi 61-49.

Spanyol lalu menutup kuarter ketiga dengan keunggulan dengan selisih yang masih sama, 12 poin dengan skor 64-52 ketika Dario Brizuela melakukan tembakan tiga angka tepat saat kuarter ketiga berakhir.

Pada kuarter terakhir, Victor Claver memulainya start bagus untuk Spanyol dimana tembakan tiga angkanya semakin menjauhkan keunggulan timnya menjadi 67-52.

Spanyol lalu semakin tidak terkejar. Tembakan dua angka Willy Hernangomez membawa timnya unggul 17 poin dengan skor 76-59.

Baca juga: Tim Soares puas dengan kemenangan atas Pantai Gading

Pada kuarter keempat Iran hanya sanggup mengumpulkan 13 poin, menjadi yang terendah selama empat kuarter berjalan. Hal ini membuat mereka tidak bisa berbuat banyak dan membuat juara FIBA EuroBasket 2022, Spanyol memenangi laga dengan skor 85-65.

Pemain terbaik pada laga ini adalah Juancho Hernangomez, setelah pebasket untuk tim Panathinaikos (Yunani) itu mencatatkan 21 poin, 5 rebound, dan 3 assist.

Kemenangan ini membawa Spanyol menyelesaikan babak 1 fase grup untuk Grup G sebagai pemuncak klasemen dengan 6 poin dari tiga kemenangan dan lolos ke babak selanjutnya bersama Brasil (peringkat 2 Grup G), bergabung di Grup L bersama Kanada dan Latvia sebagai perwakilan peringkat 1 dan 2 dari Grup H.

Pada babak 2 fase grup, Spanyol akan menghadapi Latvia pada Jumat (1/9) pukul 16.45 WIB dan Kanada pada Minggu (3/9) pukul 20.30 WIB. Kedua laga itu akan dimainkan di Indonesia Arena.

Dua terbaik dari Grup L akan melaju pada babak perempat final yang akan dimainkan di Mall of Asia Arena, Manila, Filipina.

Baca juga: Kanada sapu bersih kemenangan di Grup H, kalahkan Latvia 101-75
Baca juga: Latvia jadikan kekalahan atas Kanada evaluasi fase grup selanjutnya

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023