Jakarta (ANTARA) - Tim bola basket Spanyol menatap dua laga babak 2 fase grup Piala Dunia FIBA 2023 setelah mengalahkan Iran dalam gim ketiga babak 1 Grup G dengan skor 85-65 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

Kemenangan ini membawa Spanyol menyelesaikan fase grup babak 1 sebagai pemuncak klasemen Grup G dan membuat mereka lolos ke babak berikutnya bersama Brasil sebagai runner-up grup.

Keduanya bergabung di Grup L pada babak 2 fase grup Piala Dunia FIBA 2023. Spanyol akan menghadapi Latvia (peringkat 2 Grup H) pada Jumat (1/9) pukul 16.45 WIB dan Kanada (peringkat 1 Grup H) pada Minggu (3/9) pukul 20.30 WIB. Kedua laga itu akan dimainkan di Indonesia Arena.

“Mereka (Latvia) punya pemain-pemain bagus yang kami kenal beberapa dari mereka karena mereka bermain di (kompetisi) Spanyol,” kata pemain Spanyol, Victor Clever

Dalam jumpa pers, Clever mengungkapkan kepuasannya setelah membantu timnya menang 85-65 atas Iran.

“Mereka (Iran) terampil dan bermain bersama dan mereka mendapat dukungan besar dari fans mereka yang datang di sini (Indonesia Arena) untuk mendukung tim dan mereka bermain dengan percaya diri yang besar,” tambahnya.

Pada laga kedua di Grup L, Spanyol akan menghadapi tim bertabur bintang Kanada, tim yang pernah dihadapi timnya pada laga persiapan jelang Piala Dunia FIBA 2023. Saat itu, timnya kalah tipis dengan skor 80-85.

“Kanada, kami bermain melawan mereka di Spanyol (kalah 80-85) dalam persiapan dan kami tahu betapa bagusnya mereka juga dan mereka datang ke babak berikutnya dengan bermain bagus, memenangkan semua pertandingan dengan mudah,” kata Clever.

Sementara itu, sang pelatih Sergio Scariolo mengakui kualitas yang dimiliki tim debutan Latvia dan tim bertabur bintang Kanada.

Untuk itu, pelatih 62 tahun tersebut berharap timnya mampu memetik setidaknya satu kemenangan dari kedua lawan timnya itu untuk lolos ke babak perempat final.

“Kita harus mengalahkan salah satu dari mereka setidaknya dengan benar untuk lolos ke babak berikutnya,” ucap Scariolo.

Hasil dari laga melawan Latvia dan Kanada akan dijumlahkan dari hasil laga Spanyol pada babak 1 fase grup di Grup G (tiga kemenangan).

Pemuncak klasemen dan runner-up Grup L dan dari tiga grup babak 2 lainnya (Grup I, Grup J, Grup K) akan lolos ke perempat final yang akan dimainkan di Mall of Asia Arena, Manila, Filipina.

Sementara dua terbawah dari masing-masing grup (babak 2) akan tereliminasi dan akan memainkan babak klasifikasi untuk memperebutkan ranking 9-16.


Baca juga: Spanyol sapu bersih tiga laga Grup G dengan kemenangan
Baca juga: Pelatih Iran akui kualitas tim juara bertahan Spanyol
Baca juga: Brasil temani Spanyol lolos ke babak selanjutnya di Piala Dunia FIBA 2023

 

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023