Terima kasih kepada seluruh unsur TPID Kota Tarakan dan para mitra kerja yang telah turut mengendalikan inflasi di Kota Tarakan
Tarakan, Kaltara (ANTARA) - Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Khairul menerima Penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Kamis.

"Terima kasih kepada seluruh unsur TPID Kota Tarakan dan para mitra kerja yang selama ini telah turut mengendalikan inflasi di Kota Tarakan," kata Khairul dalam keterangan diterima di Tarakan, Kamis.

Pemerintah Kota Tarakan terus berkomitmen untuk aktif dalam pengendalian inflasi. Hal ini menjadi salah satu langkah strategis dalam mewujudkan Tarakan sebagai kota maju dan sejahtera melalui smart city.

Tim TPID Kota Tarakan yang diketuai oleh Wali Kota Tarakan dinobatkan sebagai TPID Kabupaten/Kota Terbaik Nasional Tahun 2022 bersama Kota Palembang, Kabupaten Banyuwangi, Bone dan Kupang.

TPID Tarakan juga memperoleh predikat kinerja terbaik di Kalimantan.

Sepanjang 2022, inflasi di Tarakan terkendali di angka 3,93 persen years-on-years (YoY). Angka ini merupakan hal yang positif mengingat pemerintah pusat dan daerah tengah berupaya mengendalikan inflasi pada tingkat yang rendah sambil tetap menjaga pertumbuhan ekonomi agar tetap positif.

Baca juga: Karantina Tarakan dukung kelancaran kerja sama ASEAN bidang pertanian

Baca juga: Wali Kota Tarakan berharap warga ikut berperan mengendalikan inflasi


Angka inflasi Tarakan terkendali di bawah rata-rata nasional yang berada di angka 5,52 persen YoY.

Pengendalian inflasi di Tarakan sendiri dilakukan dengan berbagai inovasi, termasuk upaya pengendalian harga komoditas bahan pangan.

Pengendalian harga cabai pun menjadi sorotan pemerintah pusat di mana di Tarakan sekarang pasokan cabai lokal telah dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan warga Tarakan.

Prestasi ini juga menjadi salah satu penilaian dalam penentuan angka Dana Insentif Daerah (DID) oleh pemerintah pusat, yang akan diperoleh Pemkot Tarakan sebagai pendapatan daerah dalam APBD tahun 2024.

Secara total, pemerintah telah menyiapkan Rp1 triliun yang akan diserahkan untuk para pemenang.

Baca juga: Pemprov Kaltara terima dividen migas Rp2 miliar per tahun hingga 2042

Baca juga: Presiden Jokowi identifikasi 15 daerah dengan inflasi di atas nasional

 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023