Kendari (ANTARA) - Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Teguh Setyabudi serahkan 4.000 keping blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dan alat penguat jaringan untuk wilayah yang tidak terjangkau jaringan internet kepada pemerintah kota Kendari.

Penyerahan 4.000 keping blangko KTP el dan alat penguat jaringan tersebut dilakukan Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi kepada Pemkot Kendari yang diterima Pj. Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu pada kegiatan aktivasi masal Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Ruang Terbuka Publik (RTP) Kali Kadia, Jumat.

Dirjen Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Teguh Setyabudi berharap penyerahan blangko KTP elektronik dan alat penguat jaringan ini dapat meningkatkan pelayanan perekaman KTP dapat lebih baik.

"Terkait perekaman KTP ini saya juga berpesan untuk kiranya memprioritaskan pemilih pemula, kelompok rentan, baik lansia, disabilitas, maupun warga binaan lapas dan rutan yang ada di kota Kendari," ungkap Teguh Setyabudi.

Baca juga: Dirjen Dukcapil: Tidak ditemukan jejak kebocoran data kependudukan

Baca juga: Dirjen Dukcapil: Format data diduga bocor berbeda dengan "database"


Ia berharap melalui blangko KTP itu mereka yang memiliki hak pilih pada pemilu 2024 mendatang tidak akan terabaikan dan tetap terlayani dengan sebaik-baiknya.

"Kami juga mengingatkan kepada seluruh kepala dinas Disdukcapil Kabupaten/kota apabila terjadi kekurangan blangko KTP kiranya dapat mengajukan permohonan," ujarnya.

Dia menambahkan, terkait perekaman di kota Kendari, pihaknya mencatat sekitar satu sekian persen anggota masyarakat belum melakukan perekaman KTP elektronik.*

Baca juga: Dirjen Dukcapil pastikan pemilih pemula dapat KTP elektronik

Baca juga: Siti Zuhro apresiasi kinerja Zudan selama menjabat Dirjen Dukcapil

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023