Los Angeles (ANTARA News) - Musisi folk Amerika Serikat Richie Havens meninggal karena serangan jantung pada Senin pada usia 72.

Havens antara lain penjadi penampil awal pada festival musik Woodstock 1969 dan terkenal antara lain lewat  "Motherless Child/Freedom"

Havens, yang muncul dari panggung lagu-lagu rakyat New York pada tahun 1960, meninggal di rumahnya di Jersey City, New Jersey, kata Pemimpin Roots Agency Tim Drake kepada Reuters.

Havens tercatat telah melakukan tur selama lebih dari empat dekade dengan gitar akustik. Lagu-lagunya tentang kebebasan serta persaudaraan.

Dia pensiun dari tur musiknya tiga tahun lalu.

"Selain musiknya, mereka yang telah bertemu Havens akan ingat atas lembut dan penyayang sifatnya. Dia suka humor ringan dan kehadiran kuat di tengah rekannya," kata keluarganya dalam sebuah pernyataan.

Versi improvisasi Havens dari lagu "Motherless Child" berkembang menjadi "Freedom" di Woodstock dan menjadi lagu kebangsaan bagi generasi hippie tahun 1960-an.

Penampilannya dari lagu itu termasuk dalam film konsernya "Woodstock" yang sangat disukai penonton.

Hit Havens antara lain versi klasik Beatles "Here Comes the Sun" dan "Strawberry Fields Forever," serta The Who`s "Won`t Get Fooled Again".

(Uu.H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013