Gudang logistik itu, selain dibangun di Sinak juga akan dibangun di Agandugume sehingga apalagi terjadi bencana alam serupa, bantuan pangan dapat langsung diberikan
Jayapura (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Darwin Tobing mengatakan bahwa pembangunan gudang logistik di Sinak sudah mulai dilaksanakan setelah dilakukannya peletakan batu pertama oleh Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

"Memang benar Menteri Koordinator PMK dalam kunjungannya ke Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, selain ke Ilaga juga ke Sinak pada Kamis (31/8)," katanya saat dihubungi ANTARA dari Jayapura, Jumat petang.

Ia menjelaskan gudang logistik itu, selain dibangun di Sinak juga akan dibangun di Agandugume sehingga apalagi terjadi bencana alam serupa, bantuan pangan dapat langsung diberikan.

Dikatakan, selain pembangunan gudang logistik juga akan dilakukan pelebaran lapangan terbang Sinak sehingga nantinya dapat didarati pesawat jenis ATR atau Hercules.

Selain itu juga direncanakan pembangunan jalan Sinak-Agandugume sehingga bila nantinya ada bencana maka penyaluran bantuan pangan dapat langsung dilakukan.

Kunjungan tersebut, kata dia, merupakan tindak lanjut dari hasil rapat terbatas tingkat menteri terkait penanganan permanen bencana di Agandugume dan Lambewi serta menindaklanjuti hasil kunker Menko PMK bulan Agustus lalu, kata Sekda Puncak.

Ia menambahkan, untuk gudang logistik yang dibangun di Sinak lebih besar, yakni 500 meter 2 dibanding di Agandugume yang hanya 300 meter2.

"Mudah-mudahan bila selesai pembangunan gudang logistik maka saat terjadi bencana cuaca ekstrem masyarakat tidak mengalami kesulitan mendapatkan bahan makanan karena dapat langsung disalurkan dari gudang tersebut, " katanya.

Sebelumnya, bencana alam akibat cuaca ekstrem yang terjadi di kedua distrik tersebut sejak bulan Mei 2023 menyebabkan enam orang meninggal, demikian Darwin Tobing.

Baca juga: Kunjungan Menko PMK dan Kepala BNPB ke Sinak berlangsung aman

Baca juga: BPD Papua tutup dan tarik karyawan di Puncak akibat penembakan Sinak

Baca juga: Tim Investigasi Korem 173/PVB selidiki hilangnya senjata api di Sinak

Baca juga: Pesawat Smart Aviation tergelincir di Bandara Sinak

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023