Jakarta (ANTARA) - Bermimpi diselingkuhi oleh pasangan ternyata memiliki beberapa arti yang menggambarkan pikiran dan situasi emosional yang tengah dihadapi dalam hubungan.

Mimpi bisa sangat menarik, seringkali membuat kita bingung dengan maknanya. Ketika bermimpi tentang pasangan yang berselingkuh, harus dipahami bahwa mimpi bukanlah cerminan langsung dari kenyataan.

Faktanya, mimpi tersebut merupakan cara bawah sadar manusia dalam menafsirkan inti emosi dan pengalaman yang dirasakan. Berikut adalah beberapa penafsiran yang mungkin perlu dipertimbangkan, seperti dilansir TimesofIndia, Jumat.

1. Masalah ketidakamanan (insecurity) dan kepercayaan (trust issue)

Arti mimpi perselingkuhan mungkin berasal dari rasa tidak aman atau masalah kepercayaan dalam hubungan.

Mimpi-mimpi itu bisa jadi merupakan wujud ketakutan atau kekhawatiran terhadap kesetiaan pasangan. Mimpi selingkuh mungkin tidak berarti bahwa dia tidak setia, namun, mimpi itu pasti memberi tahu bahwa diri sedang bergumul dengan perasaan ketidakpastian.

Baca juga: Empat alasan berbasis neurosains seseorang berselingkuh

2. Kecemasan pribadi

Mimpi bisa jadi merupakan proyeksi ketakutan diri sendiri akan kehilangan seseorang yang sangat disayangi. Mimpi juga bisa mencerminkan kekhawatiran tentang harga diri atau kemampuan diri untuk mempertahankan hubungan yang bermakna.

3. Gangguan komunikasi

Terkadang, mimpi berfungsi sebagai cara pikiran kita memproses konflik atau masalah yang belum terselesaikan.

Jika ada masalah komunikasi atau kesalahpahaman dalam hubungan, mimpi itu mungkin juga berarti bahwa perlu mengatasi dan menyelesaikan masalah dengan pasangan.

4. Pengaruh eksternal

Mimpi seseorang juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti film, buku, atau percakapan.

Jika baru-baru ini seseorang menemukan cerita atau diskusi tentang perselingkuhan, hal itu mungkin memengaruhi mimpi tanpa berhubungan langsung dengan hubungan dengan pasangan.

Baca juga: Tanda-tanda saat pasangan selingkuh

5. Kebutuhan emosional belum terpenuhi

Mimpi dapat menyoroti kebutuhan atau keinginan emosional yang belum terpenuhi. Jika merasa diabaikan, tidak dihargai, atau jauh secara emosional dalam hubungan, mimpi mungkin merupakan cara pikiran bawah sadar untuk mengekspresikan perasaan ini.

6. Memproses emosi

Mimpi juga bertindak sebagai mekanisme untuk memproses emosi yang kompleks. Bermimpi tentang pasangan berselingkuh mungkin merupakan cara pikiran untuk mengeksplorasi potensi konsekuensi dari skenario seperti itu sehingga memungkinkan seseorang untuk mengatasi perasaan dalam lingkungan yang aman.

7. Penafsiran simbolis

Bunga tidur atau mimpi juga seringkali menggunakan simbolisme. Alih-alih menjadi representasi literal dari perselingkuhan, mimpi mungkin melambangkan aspek lain dari hubungan, misalnya, selingkuh bisa melambangkan kepercayaan yang retak atau adanya jarak emosional dalam hubungan.

Baca juga: Obat tidur dapat sebabkan mimpi buruk dan peningkatan berat badan

Baca juga: Hati-hati, kebiasaan panggil mesra teman kerja picu perselingkuhan

Baca juga: Tips pulihkan trauma akibat perselingkuhan sebelum mulai hubungan baru


Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023