Taman Surya itu sengaja dibuka untuk publik agar masyarakat bisa semakin dekat dengan pemkot (pemerintah kota), serta menambah pilihan wisata bagi keluarga
Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan Taman Surya yang berada di Kompleks Balai Kota kini menjadi pilihan wisata keluarga di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

"Taman Surya itu sengaja dibuka untuk publik agar masyarakat bisa semakin dekat dengan pemkot (pemerintah kota), serta menambah pilihan wisata bagi keluarga," kata Wali Kota Eri dalam keterangannya di Surabaya, Sabtu.

Untuk itu, lanjut dia, kini setiap akhir pekan, mulai Jumat malam hingga Sabtu malam, pengunjung yang datang ke Taman Surya bisa menikmati sajian live music. Sebab, Pemkot Surabaya kini menggandeng para seniman untuk menghibur warga Kota Pahlawan yang datang ke Taman Surya.

Di sela padatnya jadwal, Wali Kota Eri mengaku menyempatkan diri untuk menyapa pengunjung yang tengah menikmati suasana Taman Surya pada Jumat (1/9) malam. Di sana, Wali Kota Eri kaget melihat sejumlah warga yang tengah menggelar tikar piknik di Taman Surya.

Baca juga: Pelajar di Maluku diajak tingkatkan kesadaran isu-isu lingkungan hidup

Wali Kota Eri pun langsung menghampiri mereka dan menyapa. Ia juga duduk di tikar sambil bercengkrama bersama warga.

"Luar biasa, saya senang karena mereka menyampaikan bahwa bahagia tidak harus mahal tetapi tempatnya yang nyaman dan indah itu ada di Balai Kota. Jadi piknik boleh asal menjaga kebersihan, jangan tinggalkan sampah di Balai Kota karena saya yakin warga Surabaya terbiasa membuang sampah pada tempatnya," ucapnya.

Saat berkeliling, ia ikut bersuka cita saat melihat anak-anak bermain sepatu roda di halaman Balai Kota. Sebab, semakin malam halaman Balai Kota semakin ramai dipadati pengunjung. Kebanyakan mereka adalah yang datang di dominasi oleh pengunjung keluarga.

Tak hanya itu saja, Wali Kota Eri juga turut menghibur pengunjung. Ia naik ke atas panggung untuk melantunkan beberapa lagu. Tak berselang lama, ia pun turun dan menggoda pengunjung. Ia mengajak pengunjung bernyanyi dan berjoget bersama.

"Ini memang milik masyarakat, jadi Balai Kota ini adalah milik masyarakat dan bisa datang ke sini dengan keluarganya. Alhamdulillah ada tempat untuk keluarga, ada UMKM, dan live music juga," ujarnya.

Baca juga: Taman Safari Bogor umumkan perubahan rute "Safari Journey"

Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat Kota Pahlawan untuk datang ke Taman Surya. Apalagi, fasilitas di taman itu kian lengkap dengan adanya burung-burung di sangkar besar beserta kolam ikannya. Bahkan, penerangan lampunya juga sangat indah, serta dilengkapi dengan Wifi.

"Silahkan datang ke Balai Kota karena Balai Kota adalah milik kita semua. Saya tunggu di Balai Kota, ayo menyanyi bersama, kumpul-kumpul bersama, dan duduk-duduk bersama," ajaknya.

Sementara itu, warga Kecamatan Mulyorejo Bingnarto yang tengah reuni dan bernostalgia bersama kawan-kawan lamanya mengaku bahwa di era Wali Kota Eri, Taman Surya semakin indah dan nyaman. Bahkan,  tak menyangka jika Wali Kota Eri menghampirinya dan ikut bergabung bersama kawan-kawan reuninya.

"Di luar dugaan kami bisa bertemu Pak Eri langsung, tiba-tiba Pak Eri datang menghampiri kami. Beliau ramah sekali, saya sebagai warga merasa sangat dicintai. Alasan reuni di sini karena saat kecil sering kemari dan berlari-lari. Lalu puluhan tahun tidak ke sini, jadi kami memilih Taman Surya untuk nostalgia," kata Bingnarto.

Baca juga: Pemkab Trenggalek lakukan penguatan sabuk hijau area konservasi penyu

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023