Jakarta (ANTARA) - Manajer Tim Ducati Lenovo Davide Tardozzi mengonfirmasikan Enea Bastianini dan Francesco Bagnaia.
akan tetap bersama skuad pabrikannya itu pada tahun 2024.

“Kemarin kami konfirmasi secara resmi bahwa Enea juga akan bersama kami tahun depan. Dia layak mendapatkan satu tahun lagi bersama motor pabrikan karena apa yang telah dia lakukan di masa lalu,” kata Tardozzi dikutip dari laman resmi MotoGP, Sabtu.

Tahun 2023 sendiri merupakan musim yang penuh dengan cedera bagi Bastianini setelah tulang belikatnya patah pada pembukaan musim di Grand Prix Portugal.

Kecelakaan dan cedera itu pun membuat pembalap Italia tersebut terpaksa absen pada musim debutnya di Bologna dengan seragam merah Ducati hingga ia resmi kembali di Grand Prix Italia.

Meski demikian, Tardozzi merasa Bastianini memiliki potensi yang besar sebagai seorang pembalap MotoGP, dengan pembalap itu meraih P3 di Kejuaraan Dunia tahun lalu saat membalap bersama tim satelit Ducati, Gresini Racing, dengan memberinya promosi yang layak ke tim pabrikan.

Sementara itu, Bastianini juga menunjukkan hasil yang cukup baik di sesi latihan bebas (FP) jelang Grand Prix Catalunya yang akan bergulir akhir pekan ini, dengan finis P9. Di sisi lain, Bagnaia finis di P3.

“Setiap sesi yang kami lakukan merupakan sebuah langkah maju, saya memahami area yang harus dikerjakan, jadi saya percaya diri untuk menghadapi hari Sabtu,” kata Bastianini dikutip dari keterangan resmi Ducati Corse.

Di sisi lain, dengan Tim Ducati Lenovo yang lengkap dan terisi untuk tahun 2024, kini tim satelitnya yaitu Prima Pramac, Gresini Racing, dan Mooney VR46 yang perlu kepastian terkait pembalap di dalamnya.

Beberapa nama pun sudah dikonfirmasi untuk tinggal maupun hengkang dari Ducati. Pertama ada Alex Marquez dan Marco Bezzecchi yang masing-masing mempertahankan posisinya sebagai pembalap Gresini Racing dan Mooney VR46.

Sementara Johann Zarco dikonfirmasi akan memperkuat tim LCR Honda Castrol selama dua musim MotoGP, mulai dari tahun 2024. Ia sebelumnya memperkuat tim Prima Pramac hingga musim ini.


Baca juga: Zarco perkuat LCR Honda selama dua musim
Baca juga: Bagnaia: Strategi yang matang jadi kunci dominasi di MotoGP Austria
Baca juga: Generasi terbaru Ducati Scrambler meluncur, hadir dalam tiga model


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023