Bangkalan (ANTARA) - Puluhan pasang sapi dari 4 kabupaten di Pulau Madura, bersaing memperebutkan Piala Panglima TNI 2023, di Stadion Karapan sapi R.P Moh Noer Skep Bangkalan, Jawa Timur, Sabtu.

"Karapan sapi yang kami gelar di Bangkalan ini sebagai bentuk kepedulian dalam melestarikan seni budaya tradisional yang ada di Madura," kata Panglima TNI, Laksma TNI Yudo Margono.

Baca juga: Karapan Sapi Piala Presiden akan digelar di Stadion Moh Noer

Sebanyak 48 pasang sapi beradu cepat di lintasan balap memperebutkan hadiah mobil dan motor. Ada 2 kategori perlombaan, yakni ukuran besar dan kecil yang berlangsung selama 2 dan 3 September 2023 ini.

"Event ini bertujuan untuk melestarikan tradisi dan budaya Madura, banyak yang berpartisipasi, selain dari kompetisi juga hiburan buat masyarakat," ujar Yudo.

Baca juga: Bangkalan alokasikan Rp1,6 miliar untuk lapangan karapan sapi

Orang nomor satu di TNI itu, berharap agar budaya karapan sapi bisa terus dipertahankan sebagai warisan leluhur. Apalagi, adanya kegiatan semacam itu bisa mempererat kesatuan dan persatuan.

Tak hanya itu, ajang karapan sapi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Sehingga, ada sisi peningkatan ekonomi yang bisa dimanfaatkan bagi daerah dan masyarakat.

"Banyak orang yang datang ingin menonton, tidak hanya dari Madura, banyak juga yang dari luar, masyarakat setempat bisa berjualan tentu bisa meningkatkan ekonominya," kata Yudo.

Baca juga: Bangkalan akan gelar Karapan Sapi Piala Presiden 2019

Karapan Sapi memperebutkan Piala Panglima TNI ini, merupakan kali pertama digelar, diikuti oleh sapi-sapi juara dari beberapa perlombaan, sehingga pertandingan yang disuguhkan, layaknya perang bintang.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bangkalan, Muhni menyampaikan terima kasih kepada Panglima TNI yang sudi menyempatkan hadir secara langsung di ajang itu untuk melestarikan budaya Madura.

Baca juga: 30 Pasang Ikuti Karapan Sapi Pemkab Bangkalan

"Masyarakat Madura khsususnya tokoh ada dan pecinta budaya tentu sangat bangga dan berbesar hati dengan adanya even ini, beliau hadir langsung di tengah-tengah kita," ucap Mohni.

Sejumlah seni budaya tradisional dipentaskan di acara itu, termasuk pameran produk hasil kerajinan warga Bangkalan.

Baca juga: Bakorwil Pamekasan tunda karapan sapi Piala Presiden
Baca juga: Lomba karapan roda sapi digelar di Pulubala

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023