Jakarta (ANTARA) - Kontingen Jawa Barat (Jabar) menjadi juara umum triathlon babak kualifikasi PON XXI yang berlangsung di Pantai Indah Kapuk, Banten, Sabtu, dengan mendulang empat emas, satu perak, dan satu perunggu. 

Salah satu medali emas untuk Jabar bahkan disumbangkan oleh atlet 15 tahun, yakni Kayla Nadia yang memenangi kategori Women Elite Aquathlon Sprint Distance.

Pencapaian gemilang itu pun mendapat apresiasi setinggi-tingginya dari Ketua Umum Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jawa Barat, Gunaryo.

"Ini mencerminkan pembinaan yang terukur dan efisien dalam tim triathlon Jawa Barat. Performa luar biasa atlet-atlet muda seperti Kayla Nadia dan prestasi gemilang dari atlet berpengalaman seperti Rashif Amila Yaqin," kata Gunaryo seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.

"Jelas ini membuktikan bahwa triathlon Jawa Barat memiliki potensi besar dalam mengharumkan nama daerah di kancah nasional dan internasional," tambah pria berpangkat Kolonel itu.

Terdapat delapan nomor yang diperlombakan pada babak kualifikasi dan hanya ada satu kategori yang tidak diikuti kontingen Jabar, yakni nomor Women Elite Triathlon Sprint Distance. 

Baca juga: Kabupaten Aceh Tengah jadi tuan rumah dua cabang olahraga PON 2024

Pada PON XX, Jabar berhasil menjadi juara umum cabang olahraga triathlon meski saat itu masih dipertandingkan dalam bentuk ekshibisi. Kontingen Jabar total memenangi tiga medali emas pada pesta olahraga multicabang tersebut.

Untuk PON XXI, cabang olahraga triathlon rencananya dilombakan di sekitar Danau Lut Tawar, Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Berikut adalah pencapaian kontingen Jabar pada babak kualifikasi triathlon untuk PON XXI:

Medali Emas:

1. Rashif Amila Yaqin, Kategori Men Elite Triathlon Sprint Distance

2. Sedilta Pilon Nubatonis, Kategori Men Elite Duathlon Sprint Distance

3. Rashif Amila Yaqin, Kategori Men Elite Aquathlon Sprint Distance

4. Kayla Nadia, Kategori Women Elite Aquathlon Sprint Distance

Medali Perak:

1. Eva Desiana, Kategori Women Elite Duathlon Sprint Distance

Medali Perunggu:

1. Aryandra Fauzi Mauludin, Kategori Men Elite Triathlon Standard Distance

Prestasi Lainnya:

1. Eva Desiana Finish Urutan 6 Kategori Women Elite Triathlon Standard Distance

Baca juga: Atlet triathlon Jauhari Johan ramaikan acara Road to Maybank Marathon
​​​​​​​
Baca juga: Atlet pentathlon Sulsel raih perak di Korea Selatan

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023