Bandung (ANTARA) - Hari terakhir West Java Festival 2023, sebagai rangkaian peringatan hari jadi ke-78 Provinsi Jawa Barat, Minggu, dipusatkan di dua kawasan, yakni Stadion Siliwangi dan Gedung Sate-Gasibu Kota Bandung.

Keterangan yang diterima di Bandung, Minggu, disebutkan bahwa setelah gelaran karnaval dan insect of West Java di area car free day (CFD) Dago, acara dilanjutkan di Gedung Sate dari pagi sampai petang, dan di Stadion Siliwangi berlangsung mulai pukul 14.00 WIB.

Di Stadion Siliwangi, ada konser musik yang menghadirkan Doel Sumbang feat Ega Robot Ethnic, Juicy Luicy, Feel Koplo feat Wika Salim, 3 Pemuda Berbahaya, Salsa Bintan, Tiara Effendi, PAS Band, Gigi, The Changcuters. Selain itu, ada charity Gabungan Artis Seni Sunda (GASS), serta penampilan kejutan, ada penampil rahasia. Konser ini dijadwalkan berlangsung sampai 23.00 WIB.

Baca juga: Jabar buka gerai pengurusan NIB bagi pelaku usaha di WJF 2023

Sementara di Gedung Sate dan Gasibu, WJF 2023 menghadirkan berbagai gerai dan kegiatan, antara lain bazar sayur buah dan hasil hutan, ikan segar, pasar kreatif, UMKM Juara, konser, produk hijau, bengkel konversi listrik, Festival Cokelat, Festival Kopi, Festival Teh, food trucks,West Java Traditional, cuisine, fun activiies green zone tunnel, dan kaleidoskop Jabar now and then.

Selain itu, ada Produk Inovasi Jabar, Galeri Pembangunan Jawa Barat immership partnership digital art, kids zpne, lomba masak, mini travel mart, mini zoo, ngopi gratis, pameran batik karya difabel, pelayanan publik pembuatan paspor, cek kesehatan gratis, fasilitas NIB, kotak aspirasi masyarakat, restorasi arsip dan pusaka, warung cettar, preloved market, rumah tangguh, dan simulasi gantole.

"Untuk acara WJF 2023 di Gedung Sate dan Gasibu tidak menggunakan tiket. Tiket hanya diperlukan untuk Konser WJF di Stadion Siliwangi dengan pemesanan pada aplikasi Sapawarga secara gratis," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar sekaligus Sekretaris Umum WJF 2023, Benny Bachtiar.

Demi meminimalisasi kemacetan akibat penumpukan kendaraan, pihak panitia menyiapkan titik parkir yang bisa digunakan warga, yakni untuk zona Gedung Sate dan Gasibu di PT Pos Jalan Cilaki 73, Museum Geologi Jalan Diponegoro 57, Inspektorat Jabar Jalan Surapati No 2, dan DPRD Jabar Jalan Diponegoro 27.

Sementara untuk zona Stadion Siliwangi titik parkir yang bisa digunakan adalah di Bengrah III Bandung Jl Hayam Wuruk No 34-38, Kodam III Siliwangi Jl Aceh (Banda) No 69, Kodim 0618 Bandung Jl Bangka, Batalyon Arhanud 3/YBY Jl Menado No 12, Rindam III Siliwangi Jl Menado No 4.

Untuk mendukung hari terakhir gelaran WJF 2023, Benny mengungkapkan bahwa panitia juga menghadirkan shuttle bus dengan menggunakan bus Bandros yang akan diberangkatkan dari lima titik dan mulai beroperasi sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Ridwan Kamil bagi-bagi hadiah di WJF Gedung Sate

Baca juga: Disparbud targetkan transaksi di Festival Jabar 2019 capai Rp5 miliar


"Titik-titik itu, di antaranya dari Balai Kota Bandung, Kantor Dishub Jabar, Samsat Kiara Condong, Jl Dr Rajiman, dan Gedung Sate jadi masyarakat parkir di sekitar sana dan naik shuttle," ucapnya.

Namun demikian, kata Benny, dengan kemungkinan membeludaknya penonton di Stadion Siliwangi dengan estimasi 35 ribu orang, pihaknya melakukan penutupan jalan Lombok di depan Stadion Siliwangi mulai dari Simpang Lima Siliwangi Golf sampai Simpang Jalan Lombok-Jalan Aceh.

"Karena, selain menggunakan shuttle kami juga mengimbau masyarakat untuk memilih menggunakan ojek daring untuk menghindari kemacetan," ucapnya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023