Layanan ini diberikan dalam upaya mencegah penyebaran rabies pada manusia
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi melayani vaksinasi hewan peliharaan secara gratis bagi masyarakat setempat yang memiliki hewan peliharaan guna mencegah penyebaran rabies di daerah itu.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Kota Jambi Hendra Saputra di Jambi, Minggu, mengatakan layanan ini diberikan dalam upaya mencegah penyebaran rabies pada manusia.

"Pemerintah Kota Jambi mengambil langkah proaktif dengan menyediakan layanan vaksinasi hewan peliharaan di Klinik Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi," katanya.

Baca juga: WHO serukan kesetaraan kesehatan di NTT

Ia menyebutkan, bahwa klinik hewan itu menjadi pusat vaksinasi hewan yang siap melayani masyarakat.

Klinik ini membuka layanan vaksinasi setiap hari Senin hingga Kamis, mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.30 WIB.

Hendra menegaskan hal yang perlu menjadi perhatian masyarakat adalah layanan vaksinasi hewan ini diberikan tanpa dipungut biaya.

Menurutnya, ini dilakukan untuk mendorong pemilik hewan peliharaan agar segera melakukan vaksinasi dan membantu meminimalisasi risiko penularan rabies.

Selain itu, penting bagi masyarakat untuk mengenali ciri-ciri hewan yang terinfeksi rabies, seperti air liur berlebihan, gelisah, reaksi terhadap cahaya terang, dan perilaku agresif terhadap manusia.

Baca juga: PDHI Lampung edukasi kewaspadaan penularan rabies pada siswa sekolah

Ia menambahkan, jika menemui hewan dengan tanda-tanda tersebut, segera hubungi Call Center 112 Kota Jambi. Petugas siaga 24 jam akan memberikan panduan dan tindakan yang diperlukan.

Selain itu, Pemerintah Kota Jambi juga telah menunjuk Puskesmas Putri Ayu dan Puskesmas Pakuan Baru sebagai pusat layanan rabies. Dua puskesmas ini beroperasi sepanjang waktu untuk memberikan bantuan dan informasi terkait rabies kepada masyarakat.

Keselamatan dan kesehatan warga adalah prioritas utama Pemerintah Kota Jambi dalam mengatasi potensi kasus rabies. Dengan langkah-langkah pencegahan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih waspada dan terlibat aktif dalam menjaga kesehatan hewan peliharaan serta mencegah penyebaran rabies.

Baca juga: Hewan peliharaan masyarakat di Kalteng divaksinasi rabies

Pewarta: Tuyani
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023