Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia mengincar gelar juara kategori Men's Squad pada ajang Piala Asia Roundnet/Asian Roundnet Federation Cup 2023, yang akan berlangsung akhir September mendatang.

Piala Asia Roundnet 2023 akan dihelat di Bali pada 21 sampai 24 September, dengan diikuti oleh enam negara yakni Indonesia selaku tuan rumah, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Filipina, dan Australia.

Kejuaraan itu nantinya akan mempertandingkan tiga kategori, yakni Men's Squad, Women's Squad, dan Mixed Squad. Indonesia hanya akan berpartisipasi pada kategori Men's Squad dan Mixed Squad.

"Targetnya kami juara Men's Squad," kata kata Ketua Umum PB PORSI (Persatuan Olahraga Roundnet Seluruh Indonesia/PORSI) Genta Fajar Heriawan pada acara peluncuran timnas roundnet di Jakarta, Minggu.

"Negara di Asia yang paling kuat, yang akan berat untuk dikalahkan yaitu Taiwan, karena memang mereka sudah jauh lebih dulu bermain. Yang kedua Filipina, karena Filipina telah mengembangkan roundnet di kampus-kampus," tambahnya.

Baca juga: Jadi tim terbaik Asia, Jepang dapat tiket Olimpiade Paris 2024

Pada kesempatan itu, manajer timnas roundnet Indonesia , Denny Rahmat Ramdani, juga memaparkan mengenai kesiapan tim asuhannya.

Menurut Denny, ia mempersiapkan 12 orang atlet putra dan tiga orang atlet putri. Para atlet itu diambil dengan menggunakan sistem Indonesia Roundnet Rating System (IRRS), yang menghitung poin atlet setiap kali atlet yang bersangkutan mengikuti kompetisi atau pertandingan resmi.

Sedangkan alasan mengapa Indonesia tidak mengirimkan perwakilan untuk berkompetisi di kategori Women's Squad, disebabkan karena selain tiga orang atlet yang akan mengikuti Piala Asia Roundnet, saat ini atlet putri yang ada dianggap belum kompeten untuk memainkan pertandingan kompetitif.

Perihal persiapan timnas, Denny menyebut bahwa para atlet telah menjalani latihan bersama selama dua bulan terakhir di Kota Bandung.

Piala Asia Roundnet 2023 merupakan kejuaraan cabang olahraga roundnet level Asia yang pertama kali digelar. Ajang itu akan digelar di Lapangan Timur Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar.

Ajang ity awalnya akan diselenggarakan di Taiwan pada 2022 silam. Namun, PB PORSI mencoba bernegosiasi dengan Asian Roundnet Federation (ARF) untuk bisa menjadikan kompetisi tersebut digelar di Indonesia.

Perjuangan tersebut pun berhasil, dan Indonesia mengukir sejarah sebagai tempat dihelatnya kompetisi roundnet level Asia untuk pertama kalinya.



Baca juga: Fajar Alfian targetkan medali emas di Asian Games 2022

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023