KKP menambah 170 SDM pengawasan perikanan tahun ini...
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menambah sumber daya manusia (SDM) pengawas perikanan dan awak kapal pengawas (AKP) untuk memperkuat pengawasan terhadap pelaksanaan program ekonomi biru.

Para pegawai baru KKP mengikuti pelatihan dasar (latsar) pengawasan perikanan selama dua pekan di Buperta Cibubur, Jakarta Timur pada 30 Agustus sampai 12 September 2023.

“KKP menambah 170 SDM pengawasan perikanan tahun ini, yang terdiri dari Pengawas Perikanan, Awak Kapal Pengawas Kelautan dan Perikanan, serta pegawai administrasi di bidang pengawasan kelautan dan perikanan,” ujar Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Adin Nurawaluddin dalam siaran resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 Tahun 2023 tentang Penangkapan Ikan Terukur, lanjut Adin, Ditjen PSDKP memiliki tugas untuk mengawasi kapal ikan asing maupun Indonesia yang melakukan pelanggaran penangkapan ikan.

Dirinya mengimbau agar seluruh seluruh pengawas supaya tidak hanya memiliki kecerdasan, tetapi juga andal dan bermental kuat dalam menghadapi berbagai situasi di lapangan, terutama mengenai pelanggaran kelautan dan perikanan.

Karenanya, KKP mendukung peningkatan kompetensi SDM melalui pelatihan dasar yang telah dilaksanakan Ditjen PSDKP sejak tahun 2000.

“Para pegawai yang baru diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Ditjen PSDKP dilatih langsung oleh Komandan Latihan Armada 1 guna memiliki jiwa korsa yang tinggi, sebab dalam mengawasi WPPNRI tidak bisa dilakukan tanpa adanya persiapan yang matang,” ujarnya lagi.

Adin pun berharap dengan pelatihan dasar yang dilaksanakan ini para peserta siap mengemban tugas untuk mengawal lima program terobosan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Kelima program tersebut yakni perluasan kawasan konservasi laut, penangkapan ikan terukur berbasis kuota, kemudian pembangunan budidaya laut, pesisir dan darat yang berkelanjutan.

Serta pengawasan dan pengendalian kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil dan terakhir yakni pembersihan sampah plastik di laut melalui gerakan partisipasi nelayan atau Bulan Cinta Laut (BCL).

Baca juga: Indonesia-Jepang jalin kerja sama pengembangan SDM kelautan perikanan
Baca juga: KKP gandeng universitas Korea Selatan dukung implementasi ekonomi biru


Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023