Melalui penguatan dan perluasan jejaring maka lulusan juga akan mudah terserap di dunia kerja, atau bahkan dapat membuka lapangan kerja
Palangka Raya (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan mendorong kampus di wilayah setempat untuk memperkuat jejaring guna meningkatkan serapan lulusan di dunia kerja.

"Melalui penguatan dan perluasan jejaring maka lulusan juga akan mudah terserap di dunia kerja, atau bahkan dapat membuka lapangan kerja," kata Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Dr Muhammad Akbar saat dikonfirmasi dari Palangka Raya, Senin.

Menurut dia, perluasan jejaring itu dapat dilakukan perguruan tinggi dengan pihak swasta, pemerintah ataupun organisasi sosial dan kemasyarakatan atau bahkan dengan para alumni.

Baca juga: LLDIKTI: Merdeka Belajar Episode 26 beri kebebasan perguruan tinggi

Dengan semakin luasnya jejaring yang dimiliki, pihak perguruan tinggi juga akan banyak pilihan dalam upaya melaksanakan program Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengembangan SDM mahasiswa dan civitas akademika baik dalam ranah akademik ataupun non akademik.

Memperluas jejaring maka juga akan memperluas lingkaran pengembangan kualitas perguruan tinggi dan lulusan secara profesional. Jaringan juga merupakan sumber daya yang sangat berharga saat ini.

Selain bermanfaat untuk menyiapkan lulusan di dunia kerja, koneksi yang dibangun perguruan tinggi juga bermanfaat untuk memberikan pengalaman bahkan jaringan ada untuk membangun dinamika sosial yang lebih kuat.

Dia mengatakan, sudah banyak pengalaman, bahwa mahasiswa magang di suatu instansi yang dikenal memiliki kualitas dan etika baik, sebelum lulus sudah ditawari untuk nantinya kembali bekerja di instansi itu.

"Keadaan ini yang harus diperkuat dan dikembangkan oleh perguruan tinggi terhadap lulusannya. Melalui jejaring yang didapat saat kuliah, ada juga mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha mampu mengembangkan usahanya," kata Akbar.

Baca juga: UPNVJ tempati peringkat 108 kampus terbaik nasional versi Webometric

Dalam rangka mendukung perluasan jejaring yang dilakukan perguruan tinggi, LLDIKTI WIlayah XI juga telah melaksanakan penyamaan persepsi pengelolaan dan pelaporan kerja sama PTS (perguruan tinggi swasta) di wilayah regional Kalimantan yang digelar secara daring.

Penyamaan persepsi tentang pengelolaan dan pelaporan kerja sama ini dilaksanakan LLDIKTI Wilayah XI guna mendorong kerja sama di perguruan tinggi terlaksana dan terlaporkan dengan baik.

Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) Dr Muhammad Yusuf mengatakan, pihaknya juga terus mendorong meningkatkan serapan lulusan di dunia kerja.

Pada sisi lain, pihaknya juga berupaya menyiapkan mahasiswa menjadi wirausahawan antara lain dengan memberikan bimbingan teknis sebagai bekal memasuki dunia usaha.

"Kami pun terus membangun kerja sama dengan berbagai pihak baik di lingkup wilayah provinsi, nasional dan internasional guna meningkatkan kualitas lulusan sebagai bekal menghadapi dunia kerja nantinya," kata Yusuf.

Kerja sama di level wilayah provinsi didominasi dengan berbagai lembaga pemerintah dan non pemerintah. Di level nasional seperti dengan DPR RI dan Ombudsman RI. Sementara di level internasional seperti dengan kedutaan besar RI di luar negeri dan Association of Muslim Community in ASEAN (ACMA).

Baca juga: Pengamat: Skripsi dihapus berdampak baik bagi studi mahasiswa
 
 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023