Palangka Raya (ANTARA) -
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan meningkatkan layanan kepada perguruan tinggi swasta setempat melalui aplikasi Unit Layanan Terpadu Online atau Pinandu.

"Aplikasi yang berbasis website ini memuat 44 Standar Pelayanan yang ada di LLDIKTI Wilayah XI," kata Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Rinawati Agustina di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa.

Dengan demikian, kata dia, pihak terkait dalam hal ini perguruan tinggi, lebih mudah, cepat, terukur, dan tanpa biaya, dalam mendapatkan berbagai layanan di LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan.

Artinya, lanjutnya, perguruan tinggi tidak perlu datang langsung untuk mengakses berbagai layanan yang ada di LLDIKTI. Semua cukup dilakukan secara daring.

"Guna mempermudah dan meningkatkan pelayanan, Aplikasi Pinandu ini juga sudah terintegrasi dengan zoom meeting, sehingga bisa digunakan untuk mempermudah stakeholder berkonsultasi secara face to face (tatap muka) jika mendapatkan kendala dalam proses pelayanan," kata Rinawati.

Pernyataan itu diungkapkan dia usai membuka acara sosialisasi Aplikasi Pinandu LLDIKTI Wilayah XI di STMIK Kota Palangka Raya yang dihadiri perwakilan perguruan tinggi swasta di Kalteng.

Baca juga: LLDikti Wilayah X kembangkan aplikasi pendaftaran secara daring
 
Sosialisasi Aplikasi Pinandu LLDIKTI Wilayah XI di STMIK Kota Palangka Raya, Selasa (15/8/2023). ANTARA/Rendhik Andika/am.



Dia menerangkan aplikasi berkonsep layanan berbasis digital ini sebelumnya telah diluncurkan Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbudristek Lukman dan Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Muhammad Akbar pada rapat koordinasi Perguruan Tinggi 26 Juni 2023 lalu.

"Kami harap Aplikasi Pinandu ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh perguruan tinggi swasta di Kalimantan," kata Rinawati.

Saat ini pihaknya secara berkelanjutan juga terus menyosialisasikan layanan ini kepada perguruan tinggi yang ada di wilayah kerjanya. 

Ketua Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) Palangka Raya Suparno MKom selaku pengguna layanan menyambut baik Aplikasi Pinandu yang diluncurkan LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan tersebut.

Menurut dia, peluncuran Aplikasi Pinandu ini juga sejalan dengan pemanfaatan perkembangan teknologi dan informasi guna meningkatkan layanan institusi.

"Aplikasi layanan daring ini akan mempermudah kami untuk mendapatkan berbagai layanan di LLDIKTI. Tim kami tidak perlu datang langsung sehingga sangat meringankan dalam sisi keuangan, waktu dan tenaga," katanya.

Baca juga: LLDIKTI XI ajak masyarakat Kalteng manfaatkan KIP Kuliah 2022

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023