Oktober ini, penerbangan langsung ke Jeddah dan Madinah ini (ditargetkan) bisa dilakukan.
Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menargetkan penerbangan internasional langsung ke Arab Saudi baik ke bandara di Jeddah maupun Madinah bisa beroperasi pada Oktober 2023.
 
"Oktober ini, penerbangan langsung ke Jeddah dan Madinah ini (ditargetkan) bisa dilakukan," kata Asisten I Pemprov Bengkulu Khairil Anwar, di Bengkulu, Senin.
 
Pembukaan penerbangan langsung ke Jeddah dan Madinah, kata Khairil, menjadi atensi Pemprov Bengkulu guna memastikan jamaah umrah provinsi berjuluk Bumi Rafflesia ini bisa mendapatkan pelayanan maksimal dan lebih hemat biaya untuk penyelenggaraan umrah.
 
"Ini adalah merupakan atensi dari gubernur untuk bisa memastikan jamaah umrah dari Provinsi Bengkulu bisa lebih hemat lagi biayanya. Kemudian juga bisa lebih efisien dengan adanya penerbangan langsung dari Provinsi Bengkulu ke Arab Saudi, baik itu ke Jeddah maupun ke Madinah," kata dia pula.
 
Untuk syarat dan teknis pembukaan rute penerbangan internasional, kata dia, Provinsi Bengkulu dapat memenuhi persyaratan tersebut.
 
"Kami sudah ketemu dengan seluruh biro perjalanan haji yang ada di Provinsi Bengkulu, dengan pihak bandara, juga dengan pihak Imigrasi untuk memastikan bahwa kesiapan jumlah jamaah dan dari sisi kesiapan bandara dan imigrasi," katanya lagi.
 
Syarat rute penerbangan tersebut, kata Khairil, yakni setidaknya tiga kali penerbangan setiap bulan dengan minimal jumlah penumpang 200 orang setiap penerbangannya.
 
"Insya Allah bisa dipenuhi kuota itu, sehingga tinggal kita mengurus izin dan izin khusus, insya Allah tidak terlalu susah karena kami sudah sepakati Oktober ini penerbangan langsung ke Jeddah dan Madinah ini bisa dilakukan," ujarnya pula.
Baca juga: Kemenag : calon haji tertua di Bengkulu berangkat ke Arab Saudi

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023