Kami terima berita kebakaran pada Senin (4/9) malam pukul 23.48 WIB
Jakarta (ANTARA) - Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara memadamkan kobaran api yang membakar sedikitnya sembilan kapal nelayan di dermaga barat Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa dinihari.

"Kami terima berita kebakaran pada Senin malam pukul 23.48 WIB, dalam waktu lima menit kami sudah meluncur kurang lebih ada 17 unit beserta pendukung," ujar perwira piket Sudin Gulkarmat Jakarta Utara Eko Mahendro di Jakarta, Selasa.

Dugaan penyebab kebakaran belum diketahui, namun kapal yang terbakar awalnya hanya dua. Api kemudian menjalar dengan cepat ke empat kapal lainnya, kemudian menjalar lagi ke dua kapal hingga akhirnya petugas mendatangi titik api tersebut dan berupaya memadamkan api.

"Yang terbakar ada sembilan kapal. Kemudian api juga sedikit mengenai bangunan pelelangan ikan. Tapi berhasil kami lokalisir sehingga kantor Syahbandar jauh dari perambatan api," kata Eko.

Baca juga: Satu korban sesak napas akibat kebakaran di Pelabuhan Sunda Kelapa

Setelah lebih kurang dua jam penanganan, petugas akhirnya berhasil memadamkan kebakaran tersebut sekitar pukul 01.55 WIB.

Ia menambahkan, kesulitan petugas adalah kapal yang terbakar berada di perairan sehingga perlu penarikan beberapa kapal untuk dijauhkan dari lokasi agar tidak terbakar.

Hingga berita ini ditulis, wartawan belum mendapat informasi terkait korban jiwa dalam peristiwa itu.

Penyelidikan kebakaran tersebut sendiri masih ditangani Kepolisian Sektor Kawasan Sunda Kelapa, Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca juga: 15 unit damkar dikerahkan ke kebakaran kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023