Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI berkolaborasi dengan Pertamedika IHC mengerahkan armada ambulans berikut tenaga medis yang disiagakan di sejumlah titik perhelatan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.
​​​​​
"Petugas kesehatan telah disiapkan untuk melancarkan penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN. Kami berkoordinasi dengan Pertamedika IHC untuk kebutuhan ambulans dan tenaga medis-nya," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Panitia sediakan bus gratis ke lokasi KTT ASEAN untuk jurnalis

Pertamedika IHC selaku anak perusahaan PT Pertamina (Persero) memberikan dukungan layanan kesehatan berupa 16 unit ambulans mini dan intensive care unit (ICU).

Nadia mengatakan, petugas kesehatan juga diarahkan untuk memberikan pelayanan terbaik mengedepankan tata krama dan sopan santun khas Indonesia selama perhelatan KTT ASEAN pada 5 hingga 7 September 2023.

Baca juga: DKI sepekan, 50 persen ASN DKI WFH hingga peringatan HUT ke-78 RI

Direktur Utama Pertamedika Mira Dyah Mahyuni mengatakan, setiap unit ambulans rescue diawaki oleh dokter umum advance yang terlatih menangani situasi kegawatdaruratan.

Sementara mini ICU disiagakan di beberapa titik di sekitar kawasan Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta yang menjadi tempat penyelenggaraan KTT ASEAN tahun ini.

"Ambulans yang disiagakan lengkap dengan tenaga kesehatan yang meliputi dokter spesialis jantung, bedah, internis, anestesi, syaraf, dan lainnya," katanya.

Baca juga: Pertamina Bina Medika siapkan puluhan ambulans dukung KTT ASEAN

Mira mengatakan, ambulans yang dikerahkan telah melalui pengecekan sterilisasi oleh Kementerian Sekretariat Negara sebelum armadanya dikerahkan ke lokasi KTT ASEAN.

Hal itu dilakukan demi memastikan semua unit dan peralatan medis serta obat-obatan telah memenuhi persyaratan kelengkapan, kata Mira.

Baca juga: Kemarin, kendaraan luar DKI harus lulus uji emisi hingga KTT ASEAN
Baca juga: Kemenko: Kolaborasi jadi kunci penguatan arsitektur kesehatan di ASEAN

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023