Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 ASEAN.

Sebagaimana tayangan langsung kedatangan pemimpin negara yang dipantau dari Media Center KTT ke-43 ASEAN di JCC, Jakarta, pesawat yang membawa PM Trudeau mendarat sekitar pukul 11.41 WIB.

Ia lalu keluar dari pintu pesawat sekitar pukul 11.55 WIB didampingi putra sulungnya Xavier Trudeau.

Kedatangan PM Kanada disambut oleh Gubernur Banten Al Muktabar dan pasukan jajar kehormatan.

PM Trudeau hadir di KTT ke-43 ASEAN untuk memperkuat dukungan kepada Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik (ASEAN Outlook on the Indo-Pacific/AOIP) serta meluncurkan kemitraan strategis ASEAN-Kanada.

Baca juga: Presiden Jokowi tegaskan kesatuan ASEAN masih terjaga

Kunjungan Perdana Menteri Trudeau ke ASEAN, yang berada di jantung kawasan Indo-Pasifik, dan kawasan Indo-Pasifik akan menjadi peluang menghasilkan kemajuan dan memberikan hasil dalam isu-isu penting bagi Kanada dan para mitra internasional.

Dari KTT ASEAN, Trudeau akan menghadiri KTT G-20 di India dan akan mempromosikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam kapasitasnya sebagai Ketua Bersama kelompok Advokat SDG.

Baca juga: Jokowi minta ASEAN lebih kompak, berani dan gesit
Baca juga: Para kepala negara tiba, hadiri KTT ke-43 ASEAN


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023