AsiaNet 52793

TOKYO, 23 April (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --

     NTT Communications Corporation (NTT Com) mengumumkan peresmian Pusat Data Tokyo No.6 di Tokyo, sebuah fasilitas pusat data yang sangat terjangkau, mudah digunakan, dan tahan bencana alam, dengan total area seluas 22.000 meter persegi, yang cukup untuk menyimpan sekitar 3.000 rak, sehingga membuatnya sebagai pusat data terbesar di Tokyo. NTT Com akan memanfaatkan fasilitas handal dan mutakhir ini untuk semakin memperluas layanan pusat datanya ke seluruh dunia, yang kini dipasarkan dengan nama produk Nexcenter(TM).

     (Foto: http://prw.kyodonews.jp/opn/release/201304191326/)

     Perusahaan yang membutuhkan layanan cloud, alih daya teknologi informasi dan komunikasi (ICT), pemulihan bencana, dan layanan ICT lainnya semakin banyak dikarenakan tinginya kebutuhan untuk optimasi dan perencanaan ekosistem teknologi informasi dan komunikasi yang tahan terhadap bencana alam. NTT Com mengoperasikan pusat data di lebih dari 140 lokasi, dengan total luas area penyimpanan server mencapai 170.000 meter persegi. Di bawah nama produk yang baru saja diluncurkan, Nexcenter(TM), NTT Com berupaya meningkatkan layanan pusat datanya yang jauh lebih berkualitas dari sebelumnya. Pusat Data Tokyo No.6 merupakan satu dari segelintir pusat data utama NTT Com pertama yang akan menggabungkan perjanjian layanan, perjanjian tingkat layanan (SLA) standard internasional, dan portal konsumen dengan berbagai fitur hemat biaya, antara lain; sistem pendingin udara canggih dan layanan berbasis jaringan virtual global yang mulus, seperti layanan cloud hibrida.     

     - Fitur-fitur terdepan dari Pusat Data Tokyo No.6 antara lain:

     -- Pusat data perkotaan yang mudah diakses dan terjangkau


     Pusat data NTT Com yang baru hanya berjarak tujuh menit berjalan kaki dari jalur kereta lingkar JR, sehingga membuatnya sangat mudah diakses, bahkan ketika dalam keadaan darurat. Desain bangunan yang hemat energi dan ruang dilengkapi dengan pemasok daya tak terganggu (UPS) besar yang berputar. Rak-rak mampu mengakomodasikan perangkat yang 1,5 kali lebih besar dibanding rak konvensional, sehinga membantu pengguna menghemat hingga separuh dari biaya penyewaan yang biasa.

     -- Desain handal yang tahan gempa bumi

     Struktur isolasi seismik Pusat Data Tokyo No.6 dapat mengurangi dampak dari gempa bumi hingga 80%. Tolok ukur daya tahan tersebut mengacu kepada Gempa Bumi Dahsyat Jepang Timur pada tahun 2011. Dasar fondasi ekstra kuat membantu mencegah terjadinya likuifaksi, dan fondasi bangunan ini 1,4 m meter lebih tinggi dari bangunan pada umumnya, sehingga mampu terhindar dari banjir. Berlimpahnya pasokan daya dan sistem pendingin udara memperkuat kehandalan - fasilitas ini memiliki koneksi langsung terhadap terowongan kabel seismik yang melindungi rangkaian kabel dari gempa bumi atau pengeboran.

     -- Penggunaan daya yang sangat efektif

     Efektifitas penggunaan daya (PUE) dirancang pada tingkatan 1,2, tingkatan tertinggi di seluruh pusat data di jepang. Fasilitas ini dilengkapi dengan sistem penyejuk udara berpendingin air hemat energi, UPS rotary minim kehilangan daya, sistem pendingin udara hemat energi melalui penggunaan udara luar ruangan dan pengelolaan aliran udara yang efisien untuk mencegah sirkulasi panas dari server.     

     -- Perangkat yang mudah dikustomisasi

     Spesifikasi perangkat untuk tenaga listrik, pendingin udara, dan keamanan sangat fleksibel untuk dikustomisasi demi memenuhi kebutuhan dan keinginan spesifik konsumen, seperti rute yang berlebih untuk pemasok daya internal dan sistem komunikasi dengan menggunakan poros ganda di ruang kolokasi, perangkat pendingin udara lokal tambahan, dan gerbang pengaman yang hanya memungkinkan satu pengguna pada sekali pemakaian.  

     -- Gedung perkantoran berbentuk paviliun

     Gedung perkantoran berbentuk paviliun seluas 2.000 meter persegi tersedia di Pusat Data Tokyo No.6. Koneksi rak kantor dan sumber daya tak terganggu tersedia untuk perencanaan bisnis berkesinambungan dan sistem pengawasan dan pemeliharaan baik terhadap data-data konsumen.

     -- Jaringan berkualitas dan terukur

     Fasilitas ini menggunakan layanan jaringan Arcstar Universal One (TM) milik NTT Com dan layanan jaringan global lainnya agar dapat selalu terhubung dengan pusat data global dan jaringan virtual untuk memungkinkan pembuatan dan pelaksanaan ekspansi sistem, distribusi sistem, dan situs-situs pemulih bencana yang fleksibel.

     Ke depannya, NTT Com, yang kini di bawah nama produk Nexcenter (TM), akan terus memberikan layanan pusat data terdepan demi membantu pelanggan mengembangkan bisnis mereka.  

     Pengumuman terkait:
     "NTT Com Meluncurkan Pusat data di Wilayah Tokyo sebagai Fasilitas Unggulan bagi Layanan Cloud,"  diterbitkan pada tanggal 25 oktober 2011.
     (www.ntt.com/aboutus_e/news/data/20111025.html)

     Tentang NTT Communications Corporation
     Silakan kunjungi www.ntt.com/index-e.html  Informasi lebih jauh: www.twitter.com/nttcom
                     www.facebook.com/nttcomtv
                      
     http://www.linkedin.com/company/ntt-communications


     Sumber: NTT Communications Corporation

     Kontak: (Bapak) Shinji Yamaguchi, (Bapak)Hiroshi Seo, (Bapak)Kazuya Tsunakawa, Cloud Services, NTT Communications Corporation, Tel: +81-3-6733-9511, e-mail: dcsales-cl@ntt.com

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013