Sistem operasional dan portal layanan pelanggan, termasuk billing system-nya telah beroperasi kembali
Makassar (ANTARA) - Sistem layanan PT Pelindo Jasa Maritim dan seluruh anak perusahaannya pada Selasa telah kembali normal setelah sempat mengalami gangguan pada sebagian aplikasi sejak Jumat (1/9).

"Sistem operasional dan portal layanan pelanggan, termasuk billing system-nya telah beroperasi kembali," kata Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim Tubagus Pattrick Tribudi Utama Iskandar mengutip rilis PT Pelindo Group di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan pada 1 September 2023 SPJM mengalami kendala sistem di beberapa lini layanan perusahaan baik sistem yang digunakan untuk kegiatan operasional, layanan pelanggan, serta keperluan administrasi perusahaan.

Namun kini, seluruh sistem telah berjalan normal dan pelayanan kepada pelanggan sudah pulih seperti sediakala.

"Saat ini sistem layanan terminal telah kembali normal. Hal tersebut telah berhasil diatasi secara bertahap sejak akhir pekan lalu. Selama 'weekend' kemarin, kami telah memastikan agar kegiatan operasional dan layanan tetap berjalan di seluruh wilayah kerja kami,” jelas Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono.

Baca juga: Pelindo Jasa Maritim-Humpuss kerja sama kembangkan jasa kepelabuhanan

Baca juga: Pelindo Jasa Maritim lakukan standarisasi marine


Pada akhir pekan lalu, lanjut dia, layanan dilakukan secara kombinasi manual dan sistem, dengan tetap berpedoman pada tata kelola perusahaan yang baik.

Sementara Tim IT Pelindo tengah melakukan investigasi untuk menemukan penyebab gangguan agar permasalahan serupa dapat dihindari pada waktu mendatang.

Berkaitan dengan adanya gangguan tersebut, Tubagus Pattrick menyampaikan permohonan maaf sekaligus dan apresiasi kepada seluruh pelanggan di wilayah terdampak gangguan tersebut.

"Kami memohon maaf atas kendala yang terjadi sejak tanggal 1 September 2023. Dari sejumlah upaya perbaikan, layanan kapal, peralatan, dan utilitas yang sebagian sempat terganggu. Namun kini Alhamdulillan seluruh area operasi sudah berjalan normal kembali," katanya.

Baca juga: Direksi dan komisaris Subholding Pelindo Jasa Maritim dirombak

Baca juga: Perkuat industri maritim, PTK kerja sama dengan Pelindo Jasa Maritim

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023