Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan pendamping tiba di Indonesia, Selasa, untuk mengikuti serangkaian pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta.

Fumio Kishida, seperti diinformasikan Biro Pers Sekretariat Presiden di Jakarta, tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, sekitar pukul 18.00 WIB.

Kedatangan PM Jepang di Indonesia disambut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kasunagi Kenji.

Agenda penyambutan Fumio Kishida di Bandara Soekarno-Hatta juga diiringi dengan tarian tradisional serta jajaran pasukan kehormatan.

Jepang menjadi bagian dari Mitra Wicara ASEAN, selain Amerika Serikat, Australia, India, Inggris, Kanada, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, Republik Rakyat Tiongkok, dan Uni Eropa.

Mitra Wicara ASEAN adalah negara dan organisasi regional maupun internasional yang menjadi mitra kerja sama ASEAN di berbagai bidang.

ASEAN juga memiliki hubungan Mitra Wicara Sektoral dengan Pakistan, Norwegia, Brazil, Persatuan Emirat Arab, Swiss, dan Turki. Ada juga hubungan Mitra Pembangunan dengan Cile, Prancis, Italia, dan Jerman.

Selain itu, Jepang juga menjadi bagian ASEAN+3 yang merupakan bentuk kerja sama ASEAN berdasarkan kesepakatan di Manila, Filipina, pada 9 Juni 2004.

Selain Jepang, ASEAN+3 juga melibatkan Republik Rakyat Tiongkok (RRT), dan Korea Selatan.

ASEAN+3 berawal dari adanya kebutuhan energi yang kian meningkat, baik di tingkat regional maupun internasional.

Beberapa program ASEAN+3 yang telah disahkan adalah Oil Stockpiling Forum, Oil Market Forum, Energy Security Forum, dan Natural Gas Forum.

Kerja sama ASEAN+3 terus diperluas dan diperdalam di berbagai bidang. Saat ini ada 13 pertemuan tingkat menteri di bawah kerja sama ASEAN+3.

Baca juga: ASEAN sepakat Konsensus Lima Poin tetap jadi rujukan untuk Myanmar

Baca juga: PM Li Qiang dan Menko Luhut dijadwalkan jajal kereta cepat pada Rabu

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023