Majalengka (ANTARA) - Polres Majalengka menerjunkan 129 personel untuk melakukan pengamanan secara ketat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, sebagai lokasi parkir pesawat delegasi dan undangan negara peserta KTT ke-43 ASEAN.

"Kami bertanggungjawab untuk menjaga keamanan serta ketertiban di area tersebut," kata Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu.

Indra menjelaskan BIJB Kertajati menjadi salah satu titik penting dalam rangkaian KTT ke-43 ASEAN karena menjadi lokasi parkir pesawat kenegaraan.

Pada tanggal 5-7 September, polisi melakukan operasi pengamanan dengan melibatkan ratusan personel gabungan dari berbagai fungsi di jajaran Polres Majalengka.

Baca juga: Manajemen BIJB sebut pesawat PM Kanada menginap di Bandara Kertajati

Upaya pengamanan itu, kata Indra, dilakukan dengan mengambil langkah preventif untuk memastikan pengamanan secara optimal di BIJB  Kertajati selama KTT ke-43 ASEAN berlangsung.

Sejak Selasa (5/9), pesawat kenegaraan yang membawa Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau sudah berada di BIJB Kertajati.

"Pesawat kenegaraan Kanada beserta awaknya telah mendarat di BIJB Kertajati. Pesawat ini akan tetap diparkir di bandara tersebut mulai tanggal 5 hingga 7 September 2023," jelas Indra.

Dia pun memastikan seluruh personelnya telah menjalani pelatihan dan koordinasi khusus untuk menghadapi berbagai situasi selama KTT ke-43 ASEAN.

"Polres Majalengka juga bekerja sama erat dengan berbagai instansi terkait lainnya untuk memastikan suksesnya penyelenggaraan KTT ASEAN tahun ini," ujar Indra.

Baca juga: Polisi siapkan empat rencana jalur alternatif mengitari GBK

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023