Kami terus berupaya melakukan pelestarian Elang Jawa melalui inventarisasi sarang dan monitoring secara rutin setiap tahunnya dengan harapan satwa langka endemik TNGGP terus bertambah jumlahnya
Cianjur (ANTARA) - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat jumlah anak Elang Jawa di kawasan Gunung Gede Pangrango bertambah menjadi tiga ekor dan kemungkinan akan terus bertambah.

Kepala Balai Besar TNGGP Cianjur, Sapto Aji, saat dihubungi di Cianjur, Rabu, mengatakan telur dari Elang Jawa di sarang yang berlokasi di kawasan Cimande Bidang PTN wilayah III itu pertama kali terpantau pada 27 Agustus dan menetas sekitar 3 September 2023.

"Tim monitoring mendapati telur tersebut dalam proses pengeraman dan diketahui telah menetas, sehingga jumlah Elang Jawa muda di kawasan Gunung Gede Pangrango yang semula dua ekor bertambah menjadi tiga ekor," katanya.

Sebelumnya dua ekor anak Elang Jawa yang menetas di kawasan Gunung Gede Pangrango pada 3 Juni 2023 di Resort PTN Cibodas dan tanggal 13 Juni 2023 di Resort PTN Tapos, sedangkan yang terbaru menetas tanggal 3 September 2023 di Resort PTN Cimande.

Baca juga: TNGGP: Dua anak elang jawa lahir pada Juni

Pihaknya memperkirakan jumlah anak Burung Garuda itu akan terus bertambah karena beberapa waktu lalu tim monitoring menemukan ada 10 sarang lainnya yang terdapat telur, sehingga pemantauan akan terus dilakukan sambil menunggu proses pengeraman.

"Kami terus berupaya melakukan pelestarian Elang Jawa melalui inventarisasi sarang dan monitoring secara rutin setiap tahunnya dengan harapan satwa langka endemik TNGGP terus bertambah jumlahnya," kata Sapto.

Elang Jawa, tutur dia, merupakan satwa predator berperan penting dalam keseimbangan ekosistem, sehingga data dan informasi keberadaan-nya di TNGGP penting didapatkan untuk mendukung upaya pelestarian.

"Selama ini berkurangnya Elang Jawa di kawasan taman nasional selain banyak diburu untuk dipelihara, juga karena rusaknya habitat di kawasan endemiknya. Berbagai upaya kami lakukan agar keberadaannya terus lestari dan bertambah," kata Sapto Aji.

Baca juga: Populasi bertambah, anak elang jawa lahir di TN Gunung Gede Pangrango
Baca juga: Kelahiran Bayi Elang Jawa Di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023