Cilegon (ANTARA) - Masyarakat sekitar Kota Cilegon, Banten antusias menyaksikan pemadaman Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Berkah I yang terbakar di dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Banten, Rabu (6/9).
 
Warga sekitar, Maulana Yudi di Merak, Cilegon, Banten, Rabu, mengaku sudah sejak pukul 13.30 WIB menyaksikan kebakaran yang menimpa KMP Mutiara Berkah I karena penasaran.
 
"Sengaja datang ke sini buat liat pemadaman kebakaran, karena jarang sekali melihat kejadian seperti ini," katanya.

Baca juga: Penyebab kebakaran kapal di Cilegon masih belum diketahui
 
Sebelumnya, warga Cilegon ini mengaku mengetahui informasi kebakaran tersebut melalui media sosial hingga grup whatsApp yang beredar luas.
 
"Dari media sosial aja sama grup whatsApp, infonya sekitar pukul 10.50 WIB kebakarannya. Tapi, sampe sekarang masih belum padam," katanya.
 
Ia menyebut kebakaran ini tidak mengganggu aktivitas warga sekitar maupun pengendara yang melintas di lokasi sekitar, karena lokasinya yang cukup jauh dari permukiman warga.
 
"Kebetulan kebulan asepnya engga ke sini, jadi ya tidak mengganggu. Kita juga liatnya dari jauh aja, dari pinggir jalan sini," katanya.
 
Sebelumnya, penyebab kebakaran Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Berkah I di dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Kota Cilegon, Banten, Rabu (6/9) hingga kini belum diketahui.

Baca juga: KMP Mutiara Berkah terbakar di Pelabuhan Indah Kiat Merak

Baca juga: Evakuasi penumpang kapal terbakar di Cilegon gunakan "crane"
 
Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin mengatakan untuk penyebab kebakaran sementara belum diketahui karena masih dilakukan proses pemadaman api.
 
"Kalau kita liat dari lokasinya ada di dekat buritan kapal kemudian di dek kendaraan, tapi kita belum dapat memastikan, sementara fokus ke pemadaman terlebih dahulu," katanya.
 
Terpantau hingga jam 17.51 WIB asap hitam berkobar tinggi dan sejumlah mobil pemadam kebakaran masih mengupayakan pemadaman.

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023