Banjarmasin (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Selatan(Kalsel) H Sahbirin Noor menerima penghargaan dari Badan Narkoba Nasional (BNN) RI karena dinilai berpartisipasi dan peran aktif memfasilitasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.
 
Sahbirin Noor menerima langsung penghargaan itu dari Kepala BNN RI Komjen Pol Prof Dr Petrus R Golose di General Building Lecture Theater Universitas Lambung Mangkurat di Kota Banjarmasin, Rabu.

BNN RI juga memberikan penghargaan serupa kepada Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin Prof Ahmad Alim Bachri, Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi dan Pejabat Bupati Barito Kalsel Kuala Mujiyat.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyampaikan apresiasi tinggi dan merasa terhormat atas penghargaan dari BNN tersebut, dimana ini makin menambah semangatnya dan Pemprov Kalsel serta masyarakat untuk terus berjuang memberantas peredaran narkotika.

Sahbirin Noor mengatakan bahwa pengaruh global menyebar cepat dan menjadi tantangan yang luar biasa. Salah satunya penyebaran narkoba sebagai upaya penghancuran sebuah bangsa dan negara.

"Betapa banyak yang dilakukan para shatekholder untuk mencegah dan memusnahkan barang haram ini, namun tetap saja menjadi ancaman. Jadi kita harus melawan narkoba," katanya.

Dia pun mengapresiasi sinergi aparat keamanan baik dari Polri dan BNN di provinsi ini yang sudah sangat maksimal memberantas peredaran barang haram tersebut, hingga banyak terselamatkan jiwa masyarakat Kalsel.

Sebab, kata Paman Birin, sapaan akrabnya, hal ini penting diperjuangkan demi menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

"Kita ingin Banua kita punya generasi yang tangguh, terampil dan berintegritas," ujarnya.

BNN juga memberikan penghargaan bagi kabupaten/kota yang sukses melaksanakan program Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN) melalui peraturan Kepala BNN RI nomor 4 tahun 2023 tentang tata cara pemberian penghargaan.

Ada empat sektor dari objek KOTAN ini yaitu sektor pendidikan, sektor masyarakat, sektor badan usaha negara dan sektor badan usaha swasta.

Baca juga: BNN beri penghargaan kepada Kejati Maluku selaku pengacara negara
Baca juga: Pemprov DKI Jakarta raih penghargaan BNN RI pada perayaan HANI 2020

 
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023