Jakarta (ANTARA) - PT BRI Asuransi Indonesia atau BRI Insurance menjelaskan asuransi umum dan asuransi jiwa memiliki peran yang berbeda dalam melindungi aset dan individu.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu, Corporate Secretary Division BRI Insurance Fenti Octaviani mengatakan asuransi umum fokus pada melindungi harta benda, seperti properti dan bisnis. Sementara asuransi jiwa lebih berfokus pada melindungi individu dan keluarganya dari risiko kesehatan dan keuangan.

Secara rinci, asuransi umum merupakan asuransi yang bisa memberikan manfaat berupa ganti rugi kepada tertanggung jika terjadi kerusakan, kerugian, dan kehilangan pada harta benda.

Asuransi umum juga berperan sebagai mitigasi risiko, baik terhadap aset yang dimiliki maupun risiko kecelakaan diri.

Cakupan perlindungan dari asuransi umum di antaranya kendaraan bermotor, rumah, hingga bisnis dari kerugian yang diakibatkan oleh peristiwa seperti kebakaran, pencurian, atau kecelakaan.

Karakteristik lainnya adalah polis asuransi umum biasanya akan menggantikan nilai yang hilang atau rusak akibat peristiwa tertentu dan juga ada yang berupa santunan.

Kemudian, premi asuransi umum biasanya ditentukan berdasarkan risiko yang terkait dengan properti atau aset yang diasuransikan.

Di sisi lain, karakteristik utama dari terlihat pada perlindungan yang lebih mengarah pada individu dan keluarganya dari risiko seperti kematian, sakit serius, atau cacat.

Asuransi jiwa memberikan manfaat tunai kepada ahli waris jika tertanggung meninggal atau manfaat tunai kepada tertanggung atas biaya kesehatan rawat jalan dan rawat inap.

Premi asuransi kerugian pada asuransi jiwa biasanya ditentukan berdasarkan faktor-faktor seperti usia dan kondisi kesehatan tertanggung.

Fenti menggarisbawahi penting untuk memahami perbedaan tersebut dan memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi finansial.

Dalam konteks itu, BRI Insurance bergerak di bidang asuransi umum untuk melindungi masyarakat dari risiko yang dapat terjadi atas aset dan diri.

Penjelasan lebih rinci mengenai produk asuransi umum BRI Insurance dapat diperoleh melalui layanan chat Whatsapp di nomor 081-180-14081 atau dapat juga menghubungi contact center di nomor 14081.

Selain itu, BRI Insurance juga menyediakan layanan digital melalui asisten virtual Melisha untuk memberikan informasi seputar produk yang sedang dibutuhkan nasabah, informasi polis, simulasi premi, live agent, status klaim, promo yang sedang berlangsung, dan informasi umum terkait asuransi lainnya.

 

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023