Sebanyak 18 penghargaan yang berhasil diraih oleh delapan bandara kami merupakan sebuah capaian bersejarah bagi AP I. Prestasi yang sangat luar biasa ini merupakan wujud apresiasi, pengakuan, dan bukti nyata dari upaya kami ....
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menerima 18 penghargaan dalam ajang Airport Service Quality Awards 2022 (ASQ Awards 2022) yang diselenggarakan oleh organisasi pengelola bandara di dunia, Airports Council International (ACI).

Jumlah tersebut menjadi penghargaan terbanyak sepanjang sejarah AP I sejak keikutsertaan dalam ASQ Awards.

"Sebanyak 18 penghargaan yang berhasil diraih oleh delapan bandara kami merupakan sebuah capaian bersejarah bagi AP I. Prestasi yang sangat luar biasa ini merupakan wujud apresiasi, pengakuan, dan bukti nyata dari upaya kami dalam menepati komitmen pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara," ujar Direktur Utama AP I Faik Fahmi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: AP II dan perusahaan Vietnam jajaki potensi kerja sama bisnis bandara

Dari 15 bandara yang dikelola oleh AP I, delapan bandara yang menerima 18 penghargaan ASQ Awards 2022 tersebut, yakni Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (lima penghargaan), Bandara Pattimura Ambon (empat penghargaan), Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (dua penghargaan), Bandara Juanda Surabaya (dua penghargaan), Bandara Internasional Yogyakarta (dua penghargaan), Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (satu penghargaan), Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang (satu penghargaan), dan Bandara Adi Soemarmo Solo (satu penghargaan).

Acara penyerahan 18 penghargaan tersebut dilaksanakan pada Rabu (6/9) malam di tengah agenda ACI Customer Experience Global Summit (ACI CEGS) yang berlangsung di Incheon, Korea Selatan. Sebelumnya, pengumuman pemenang ASQ Awards 2022 telah dilaksanakan pada awal Maret 2023.

"Capaian bersejarah tersebut juga merupakan salah satu buah manis dari optimalisasi tiga hal utama dalam pelayanan, yakni people, process, and technology. Integrasi tiga hal tersebut pada akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan standar layanan atau level of service, yang pada akhirnya membawa dampak positif terhadap peningkatan kepuasan pelanggan," kata Faik.

ASQ Awards merupakan satu-satunya program pengukuran tingkat kepuasan pengguna jasa bandara yang diselenggarakan oleh organisasi kebandarudaraan dunia yang berbasis di Montreal, Kanada, yaitu ACI.

Baca juga: Angkasa Pura II sesuaikan penerbangan reguler saat kedatangan Wapres

ASQ Awards merupakan wujud pengakuan kepada pengelola bandara-bandara di dunia yang mampu memberikan customer experience atau pengalaman pelanggan terbaik yang didasarkan atas suara pengguna jasa bandara. Penghargaan tersebut pertama kali diluncurkan pada 2006 dan saat ini melibatkan 400 bandara di 95 negara di dunia.

Dikutip dari rilis resmi ACI, Director General ACI World Luis Felipe de Oliveira menyatakan pentingnya pelayanan pelanggan di bandara.

"Pengguna jasa bandara adalah inti dari segalanya, yang dalam hal ini tercermin dari setiap aspek program penilaian dalam ASQ. Hasil penilaian dari pengguna jasa bandara juga telah menunjukkan dan mengakui berbagai upaya yang telah dilakukan para pengelola bandara dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang berkesan," ujar dia.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023