Sleman (ANTARA) - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) menghadirkan Program Perpustakaan Siswa dengan memberikan buku-buku bacaan yang berkualitas di SMA serta SD di wilayah Kapanewon (Kecamatan) Prambanan dan Kalasan, Kabupaten Sleman.    

"PT TWC mendukung peningkatan indeks literasi dan minat baca buku di Indonesia, ini dilakukan dengan memberikan dukungan berupa buku bacaan kepada lima perpustakaan sekolah di Sleman," kata TJSL & SME Founding Manager PT TWC Ismiyati saat melakukan seremonial penyaluran buku bacaan kepada lima sekolah di Sleman, Kamis.  

Sekolah yang mendapat bantuan ini antara lain SMA Islam Terpadu (IT) Baitussalam, SD Negeri Delegan 1 dan SD Negeri Sumberwatu 1 yang ada di Kecamatan Prambanan serta SD Negeri 1 Pakem dan SD Negeri 1 Bogem yang ada di Kecamatan Kalasan.

Menurut dia, salah satu bentuk Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT TWC ini merupakan wujud dukungan PT TWC terhadap peningkatan minat baca dari usia dini.

"Hal ini sesuai dengan nilai-nilai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) 4 yaitu menghadirkan pendidikan berkualitas di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, melalui bantuan ini diharapkan siswa-siswi sekolah menjadi lebih gemar membaca.

"Membaca menjadi salah satu cara untuk mengeksplor dunia. Semoga dengan bertambahnya koleksi buku di perpustakaan, anak-anak semakin termotivasi untuk terus belajar," katanya.

Buku yang diberikan kepada sekolah meliputi berbagai jenis tema bacaan, antara lain buku ilmu pengetahuan, sejarah, sastra, agama dan seni budaya.

Ismiati mengatakan, melalui Program Perpustakaan Siswa ini juga diberikan satu set buku sejarah dari tiga situs cagar budaya yang dikelola oleh PT TWC. Buku-buku tersebut berjudul "Magical Prambanan", "Borobudur Majestic Mysterious Magnificent" dan "Kraton Ratu Boko: A Javanese Site of Enigmatic Beauty".

"Semoga buku-buku ini menambah minat siswa untuk semakin mencintai situs-situs warisan cagar budaya serta sejarahnya. Melalui hal ini, pengetahuan siswa lebih terbuka dan semakin cinta pada tanah airnya," katanya.

Kepala Sekolah SMA IT Baitussalam, Prambanan Qomarudin mengatakan bahwa bantuan ini menambah koleksi buku bacaan di perpustakaan sekolahnya.

Keberadaan perpustakaan yang saat ini memiliki koleksi 2.500 buku bacaan dengan berbagai tema ini menghadirkan fasilitas pembelajaran di luar kelas untuk menambah ilmu pengetahuan siswa.

"Semoga dengan bertambahnya koleksi perpustakaan kami, anak-anak juga ikut termotivasi untuk terus belajar melalui buku-buku bacaan. Mari bersama-sama kita dukung peningkatan gerakan literasi di Indonesia," katanya.

Baca juga: TWC : KAWS:HOLIDAY dongkrak kunjungan wisatawan di Candi Prambanan

Baca juga: TWC : KAWS:HOLIDAY jadi atraksi baru di Candi Prambanan

Baca juga: PT TWC hadirkan Semarak Merah Putih di seluruh destinasi



 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023