Merak (ANTARA) -
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan bersama tim aksi cepat Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten memaksimalkan pemadaman insiden kebakaran KM Mutiara Berkah I di Dermaga Indah Kiat Pulp and Paper, Merak, Kota Cilegon, Banten.

Kepala KSOP Kelas I Banten, Capt. Hermanta dalam keterangan tertulisnya di Merak, Kamis, mengatakan pihaknya memaksimalkan pemadaman dengan melibatkan sejumlah sumber daya yang terdiri dari Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPL), 5 kapal Tunda, 7 mobil pemadam, 2 Mobil tangki air tawar, dan 1 mobil crane.

Selain itu juga seluruh awak kapal (ABK) dan penumpang yang berjumlah 139 orang telah dievakuasi dengan selamat.

"Sampai saat ini belum ditemukan adanya penumpang dan ABK yang menjadi korban jiwa," katanya menjelaskan.

Menurut dia, kapal Roro Mutiara Berkah 1 berkapasitas GT.32645, tahun pembuatan tahun 2003, berbendera Indonesia, dengan nakhoda Willem Dikson Kaliwuge.

Kejadian kebakaran tersebut pada Rabu (6/9) saat sedang sandar dan tengah memuat kendaraan dengan rute Merak - Panjang, Lampung.
 
Karena itu, pihaknya menerima laporan kejadian tim aksi cepat langsung berkoordinasi terkait penggunaan mobil kesehatan dan mobil crane untuk menjemput seluruh penumpang dari dek anjungan.
 
Kemudian langsung mendatangkan kapal tunda untuk melakukan pemadaman dari sisi laut.

Selain itu juga menghubungi Wali Kota Cilegon untuk mendapatkan bantuan kendaraan pemadam.
 
Pihaknya juga terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan semua unsur pelabuhan dalam melakukan upaya memadamkan api.
 
Namun, jika terjadi situasi yang membahayakan pelabuhan, tentu akan dilakukan pemindahan kapal ke daerah yang aman agar tidak mengganggu aktivitas kapal lainnya.
 
"Kami akan terus memberikan informasi terbaru sehubungan dengan kejadian ini dengan mengutamakan keselamatan," katanya.

Baca juga: Cerita Penumpang Kapal Terbakar di Pelabuhan Indah Kiat Merak
Baca juga: Warga antusias saksikan pemadaman kapal terbakar di Merak
Baca juga: KMP Mutiara Berkah terbakar di Pelabuhan Indah Kiat Merak

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023