Kepolisian perlu  merumuskan seperti apa prosedur operasional standar pengawalan tersebut mulai dari distribusi kotak dan kertas suara
Jakarta (ANTARA) - Kepala Polres Kepulauan Seribu AKBP Jarot Sungkowo menyatakan komitmennya untuk mengawal logistik Pemilu 2024 mulai dari pendistribusian hingga penjemputan kepada 88 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pulau-pulau di kabupaten tersebut.

"Tugas ini menjadi bagian dari operasi Kepolisian terpusat Mantab Brata 2023-2024. Kami tentunya  mendukung terselenggaranya Pemilu 2024 di Kepulauan Seribu dengan baik dan lancar," ujar Jarot di Jakarta, Kamis.

Terkait hal itu, Bupati Kepulauan Seribu Junaedi  menyambut baik rencana kepolisian mengawal logistik tersebut.

Menurut Junaedi, kepolisian tentu sudah mempertimbangkan karakteristik wilayah Kepulauan Seribu yang berbeda dari lima wilayah kota di Jakarta lainnya.

"Karakteristik wilayah Kepulauan Seribu sangat berbeda dengan lima wilayah kota di DKI Jakarta. Jadi harus mempunyai strategi sendiri dalam rangka sistem pengamanan perairan laut dan pengawalan logistik Pemilu 2024 nanti," kata Junaedi.

Junaedi menambahkan Kepolisian perlu  merumuskan seperti apa prosedur operasional standar pengawalan tersebut mulai dari distribusi kotak dan kertas suara ke semua pulau hingga penjemputan sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 bisa berjalan lancar tanpa kendala.

"Karena ini adalah hajat negara. Semua harus berbuat sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Agar semua bisa saling bersinergi dalam pengamanan Pemilu," kata Junaedi.

Sementara itu, Ketua KPU Kepulauan Seribu Iman Cahyadi mengusulkan pendistribusian logistik Pemilu 2024 seperti kotak suara dan kertas suara, dengan dibungkus menggunakan plastik.

Tujuannya agar tidak rusak karena terkena air laut saat diangkut menggunakan kapal tradisional (kapal laut).

Namun nilai anggaran yang dibutuhkan dalam proses distribusi hingga penjemputan logistik Pemilu melalui cara tersebut masih belum diungkap ke publik.

Diketahui jumlah TPS di Kepulauan Seribu saat ini ada 88 di antaranya 80 TPS tersebar di 11 pulau berpenduduk serta delapan TPS khusus yang tersebar di pulau wisata (resor).
Baca juga: Kapal Dishub DKI mogok kehabisan BBM di Perairan Kepulauan Seribu
Baca juga: Dubes Seychelles takjub dengan kelestarian alam Kepulauan Seribu
Baca juga: Jakarta diperkirakan hujan pada Senin malam

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023