Minyak mentah berjangka merasakan tekanan korektif dari level tertinggi baru dalam indeks dolar AS.....
Houston (ANTARA) - Harga minyak melemah pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), dengan Brent yang menjadi patokan global jatuh di bawah 90 dolar AS dalam perdagangan yang bergejolak, menghentikan reli hampir dua minggu, di tengah berbagai sinyal peringatan melemahnya permintaan dalam beberapa bulan mendatang.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman November ditutup 68 sen atau 0,8 persen lebih rendah menjadi 89,92 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange, setelah diperdagangkan antara 89,46 dolar AS dan 90,89 dolar AS per barel.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS untuk pengiriman Oktober tergelincir 67 sen atau 0,8 persen, menjadi menetap pada 86,67 dolar AS per barel, setelah diperdagangkan antara 86,39 dolar AS dan 87,74 dolar AS per barel.

Baca juga: Minyak jatuh di Asia karena khawatir China dan permintaan musim dingin

Penurunan harga minyak pada Kamis (7/9/2023) terjadi setelah kenaikan WTI selama sembilan sesi berturut-turut dan kenaikan Brent selama tujuh sesi berturut-turut.

Harga minyak juga melonjak pada awal pekan ini setelah Arab Saudi dan Rusia, dua eksportir minyak terbesar dunia, memperpanjang pengurangan pasokan secara sukarela hingga akhir tahun. Pemotongan ini merupakan tambahan dari pemotongan produksi pada April yang disepakati oleh beberapa produsen OPEC+ yang berlaku hingga akhir tahun 2024.

“Minyak mentah berjangka merasakan tekanan korektif dari level tertinggi baru dalam indeks dolar AS serta melemahnya angka ekonomi dari zona euro, di mana aktivitas ekonomi tumbuh sebesar 0,1 persen terhadap perkiraan 0,3 persen,” kata Dennis Kissler, wakil presiden senior perdagangan di BOK Financial.

Dolar menguat, menekan yen ke level terendah dalam 10 bulan serta menekan euro dan sterling ke level terlemahnya dalam tiga bulan, karena investor menaruh taruhan mereka pada perekonomian AS yang masih tangguh. Penguatan dolar meningkatkan biaya pembelian minyak dalam mata uang greenback bagi pemegang mata uang lainnya.

Pelaku pasar juga mencerna data beragam dari China. Ekspor secara keseluruhan turun 8,8 persen pada Agustus secara tahun ke tahun dan impor mengalami kontraksi 7,3 persen. Namun impor minyak mentah melonjak 30,9 persen.

“Ekspor produk China yang meningkat pada bulan lalu, meskipun impor minyak mentah meningkat,” kata analis PVM Oil Tamas Varga.

Baca juga: Minyak naik di tengah ekspektasi penarikan stok AS dan pasokan ketat

Kekhawatiran mengenai peningkatan produksi minyak dari Iran dan Venezuela, yang dapat mengimbangi pengurangan produksi dari Saudi dan Rusia, juga membatasi pasar.

Namun, permintaan AS tetap kuat, karena stok minyak mentah turun sebesar 6,3 juta barel pada minggu lalu, penurunan selama empat minggu berturut-turut dan turun lebih dari 6,0 persen pada bulan lalu, menurut data pemerintah.

“Saat ini, sangat sulit bagi kami untuk melihat faktor negatif apa pun karena keterbatasan pasokan,” kata Leon Li, analis CMC Markets yang berbasis di Shanghai.

"Namun, kita perlu mempertimbangkan kemungkinan risiko permintaan seperti pada kuartal keempat, pasar dapat melambat memasuki musim konsumsi minyak di luar waktu sibuk setelah permintaan musim panas berakhir."

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023