Jakarta (ANTARA) - Jumlah kunjungan turis asal China ke Indonesia terus meningkat dalam tujuh bulan pertama tahun ini dengan kenaikan lebih dari enam kali lipat dibandingkan tahun lalu, demikian disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia baru-baru ini.

Peningkatan signifikan ini sebagian besar berkat pelonggaran perjalanan internasional setelah COVID-19 tidak lagi menjadi ancaman besar bagi banyak negara dan peningkatan jumlah penerbangan antara China-Indonesia.

Menurut data dari BPS, jumlah kunjungan turis asal China ke Indonesia mencapai 382,6 ribu pada tujuh bulan pertama tahun ini.

Khusus pada Juli saja angka kunjungan turis China ke Indonesia itu mencapai 84,6 ribu, angka tertinggi sejak Indonesia mengumumkan kasus pertama COVID-19 di dalam negeri dan mengetatkan perjalanan internasional setelahnya pada tahun 2020.

Walaupun jumlah wisatawan asal China ke Indonesia masih belum pulih ke level yang sama pada 2019 atau sebelum pandemi COVID-19 merebak, pemerintah Indonesia mengungkapkan optimismenya terhadap prospek industri pariwisata dalam negeri dengan jumlah wisatawan China yang terus meningkat.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023