Batam (ANTARA) - TNI Angkatan Laut membantu evakuasi anak buah kapal (ABK) kapal motor (KM) Garuda Jaya 8 yang kandas akibat menabrak karang di Perairan Pulau Ngenang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (8/9).
 
"Kapal patroli keamanan laut (Patkamla) Lobam 1-4-07 membantu evakuasi ABK KM Garuda Jaya 8 yang kandas menabrak karang di Perairan Pulau Ngenang," ujar Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto di Batam, Kepulauan Riau, Jumat.

Baca juga: TNI AL pastikan kapal tanker karam di Batam tidak merusak lingkungan
 
Dia menjelaskan kapal bermuatan ikan dan es ini awalnya bergerak dari Kijang, Kabupaten Bintan menuju Punggur, Kota Batam. Namun, karena cuaca yang kurang bagus, kapal tersebut terbawa arus hingga ke Perairan Ngenang dan tersangkut ke atas karang.
 
"Waktu di atas karang, posisi kapal menjadi miring dan air mulai masuk ke dalam palka kapal," katanya.
 
Setelah mendapat laporan dari nelayan setempat, pihaknya langsung menuju ke lokasi kejadian dan membantu evakuasi. "ABK berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan muatan kapal sudah dipindahkan menggunakan pompong, kemudian dibawa ke pelabuhan rakyat terdekat," kata dia.

Baca juga: TKI korban kapal karam di Batam ingin segera pulang

Baca juga: 11 jenazah PMI korban kapal tenggelam di Malaysia dibawa ke Batam
 
Untuk selanjutnya, pihaknya masih berusaha melakukan penarikan terhadap kapal milik nelayan tersebut dari atas karang menggunakan kapal TNI AL, namun masih belum membuahkan hasil.
 
"Kami masih terus memantau dan berupaya mengevakuasi kapal tersebut dari atas karang," ujarnya.

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023