korban dibawa menuju RS Siloam dengan menggunakan kendaraan dari Agen Kapal
Denpasar (ANTARA) - Basarnas Bali memberikan bantuan medical evacuation atau evakuasi medis terhadap salah satu awak kapal asing jenis kargo berbendera Hongkong yang mengalami kecelakaan kerja.

Kepala Kantor Basarnas Bali I Nyoman Sidakarya dalam keterangan di Denpasar, Minggu, mengatakan kabar mengenai kondisi kru kapal MV Trust Qingdao itu diterima pada hari Sabtu (13/4) kemarin dari agen kapal PT. Jakarta LLOYD Benoa.

Pihak agen kapal menyebut estimasi waktu kejadian kecelakaan kerja pada pukul 11.00 Wita, dimana saat itu kapal berada di posisi 7°10.100'S-116°28.500'E.

"Kami terima laporan pada pukul 17.00 Wita, diketahui identitasnya atas nama Liang Hongfei usia 40 tahun, kewarganegaraan China yang mengalami cedera serius pada tiga jari tangan kiri," kata Sidakarya.

Dalam penanganan tersebut Basarnas Bali mengetahui bahwa MV Trust Qingdao adalah kapal kargo dengan 21 awak kapal yang bertolak dari Port Hedland, Australia, hendak menuju Tianjin, China.

Baca juga: Tim SAR Gabungan evakuasi medis korban gigitan Komodo di Labuan Bajo
Baca juga: Tim SAR evakuasi warga negara Bangladesh karena sakit


Setelah personel SAR dan agen kapal berkoordinasi disepakati bahwa evakuasi medis dilakukan di sekitar Perairan Tanjung Benoa.

“Pukul 22.00 Wita tim SAR gabungan dengan menggunakan kapal Rigit Inflatable Boat (RIB) 02 Denpasar lepas sandar dari Pelabuhan Benoa menuju titik koordinat, koordinasi tetap dilakukan dengan BTS Benoa untuk mengetahui pergerakan dan posisi dari MV Trust Qingdao,” ujar Sidakarya.

Setelah setengah jam, RIB 02 Denpasar akhirnya sandar di posisi lambung kanan kapal Hongkong dan berkoordinasi untuk penurunan target.

“Tim SAR sempat terkendala alun tinggi dan arus laut kencang, sehingga posisi evakuasi medis bergeser," kata Kepala Basarnas Bali.

Akhirnya tim yang terdiri dari unsur SAR, Kantor Kesehatan Pelabuhan, BTS Benoa, dan agen kapal, berhasil mengevakuasi Liang Hongfei pukul 00.10 Wita.

“Target berhasil dievakuasi dan sudah sandar kembali di Pelabuhan Benoa pada pukul 00.40 Wita, selanjutnya korban dibawa menuju RS Siloam dengan menggunakan kendaraan dari Agen Kapal PT Jakarta LLOYD,” ujar Sidakarya.

Baca juga: Basarnas Aceh ungkap 8 evakuasi medis kecelakaan kerja di kapal asing
Baca juga: Tim SAR evakuasi WN Filipina dari kapal kargo karena sakit parah
Baca juga: Indonesia siapkan protokol evakuasi medis bagi WNA

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024