ini pengalaman berharga untuk tetap berprestasi di masa mendatang
Jakarta (ANTARA) -
Tim Indonesia yang terdiri dari empat siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) berhasil meraih tiga medali perak dan satu medali perunggu pada ajang Olimpiade Informatika Internasional yang digelar di Szeged, Hungaria, Eropa.
 
Staf Ahli Menteri bidang Manajemen Talenta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tatang Muttaqin yang menyambut kedatangan para siswa berprestasi tersebut di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas prestasi yang telah diraih.
 
“Selamat kepada adik-adik yang telah menorehkan prestasi di ajang Olimpiade Informatika Internasional. Ajang ini merupakan lomba yang sangat penting dan prestisius sehingga sangat kompetitif,” kata Tatang dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.
 
Tiga medali perak diraih oleh Vannes Wijaya dari SMAN 8 Pekanbaru, Matthew Allan dari SMA Kanisius Jakarta, dan Albert Ariel Putra dari SMA Kristen Petra 4 Surabaya. Sedangkan medali perunggu diraih oleh Joel Gunawan dari SMAS Kristen Gloria 2 Surabaya.
 
Tatang menambahkan, sebagian besar siswa berprestasi di ajang tersebut telah diterima di perguruan tinggi luar negeri dengan Beasiswa Indonesia Maju (BIM).
 
“Secara portofolio mereka adalah talenta-talenta terbaik di bidang informatika dan sebagian sudah ada yang diterima di perguruan tinggi luar negeri. Mudah-mudahan mereka bisa kembali ke tanah air dan akan mengembangkan transformasi digital di Indonesia,” ujar dia.

Baca juga: Tim Indonesia raih delapan medali pada ajang IOI 2022
Baca juga: Kemendikbudristek: IOI ajang tumbuhkan literasi dan kemampuan numerasi
 
Sementara, Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Hendarman, turut memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para siswa yang menorehkan prestasi di ajang olimpiade ini.
 
“Selamat dan sukses atas prestasi yang diraih. Jadikan ini pengalaman berharga untuk tetap berprestasi di masa mendatang,” tutur Hendarman.
 
Salah satu peraih medali perak, Matthew Allan, merasa sangat bersyukur dapat membanggakan Indonesia di ajang yang berkelas ini.
 
"Saya sangat bersyukur bisa menorehkan prestasi untuk Indonesia. Pesan untuk teman-teman lainnya yang paling penting adalah rajin belajar, berdoa, dan pantang menyerah. Terima kasih kepada Kemendikbudristek dan pembina yang telah mendukung kami," ucap Matthew.

Baca juga: Mendikbudristek buka Olimpiade Informatika Internasional
Baca juga: Ajang IOI 2022 hubungkan talenta digital dunia
Baca juga: Kemendikbudristek : IOI 2022 upaya pemetaan talenta digital

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023