Jakarta (ANTARA) - Trigol dari penyerang timnas Spanyol Alvaro Morata mewarnai kemenangan telak atas timnas Georgia dengan skor 7-1 pada pertandingan Grup A Kualifikasi Euro 2024 di Stadion Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, Sabtu dini hari.

Selain trigol dari Morata, kemenangan Spanyol hadir berkat gol-gol dari Solomon Kvirkvelia (bunuh diri), Dani Olmo, Nico Williams, dan Lamine Yamal. Sedangkan Georgia sempat memperkecil ketertinggalan melalui Giorgi Chakvetadze, demikian catatan UEFA.

Hasil itu membuat Spanyol naik ke peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan raihan enam poin dari tiga laga, sedangkan Georgia berada di posisi ke-4 dengan torehan empat poin hasil empat pertandingan.
 
Secara statistik, Spanyol mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 65 persen penguasaan bola serta melepaskan 23 tendangan yang 13 di antaranya tepat sasaran.

Baca juga: Denmark dan Hungaria raih kemenangan pada lanjutan kualifikasi Euro
 
Pada babak pertama Spanyol mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu mencuri keunggulan pada menit ke-22, ketika umpan Marco Asensio dapat dikonversi menjadi gol oleh Morata sehingga skor berubah menjadi 1-0.
 
Spanyol menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-27 setelah bek tengah Georgia Solomon Kvirkvelia gagal mengantisipasi bola dengan baik sehingga bola masuk ke gawang sendiri.

Tim berjuluk La Roja itu memperlebar skor menjadi 3-0 setelah tendangan keras Dani Olmo mengoyak jala gawang Georgja yang dijaga oleh Giorgi Mamardashvili pada menit ke-38.

Hanya berselang dua menit, Spanyol kembali membobol gawang Georgia berkat gol yang lahir dari tendangan kaki kanan Morata usai menerima umpan dari Fabian Ruiz sehingga skor berubah menjadi 4-0. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Baca juga: Belanda raih kemenangan meyakinkan atas Yunani 3-0
 
Memasuki babak kedua, Georgia berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-4 pada menit ke-49 setelah umpan silang Irakli Azarovi dapat dikonversi menjadi gol oleh tendangan kaki kiri Giorgi Chakvetadze.

Morata berhasil mencatatkan hat-trick pada pertandingan ini setelah mampu mencetak gol ketiganya pada menit ke-66 setelah menerima umpan dari Mikel Merino sehingga skor berubah menjadi 5-1 untuk keunggulan Spanyol.

Spanyol tidak mengendurkan serangan mereka dan berhasil mencatatkan gol keenam melalui tendangan Nico Williams yang memanfaatkan umpan Jose Gaya, sehingga skor berubah menjadi 6-1 pada menit ke-68.

Pemain muda menjanjikan Barcelona Lamine Yamal turut ambil bagian pada pesta Spanyol dengan mencetak gol ketujuh ke gawang Georgia setelah menerima umpan dari Williams sehingga skor berubah menjadi 7-1 pada menit ke-74.

Pada sisa waktu pertandingan, Spanyol tetap mendominasi jalannya laga, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 7-1 untuk kemenangan tim tamu tetap bertahan.

Baca juga: Prancis semakin kokoh di puncak klasemen seusai hajar Irlandia 2-0

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023