PKN mengumpulkan wacana-wacana permasalahan sosial masyarakat yang berkaitan dengan kebudayaan untuk disuarakan dan dibahas dalam kongres
Banjarmasin (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyuarakan lunturnya peradaban Pasar Terapung Kuin, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melalui Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023.

"PKN mengumpulkan wacana-wacana permasalahan sosial masyarakat yang berkaitan dengan kebudayaan untuk disuarakan dan dibahas dalam kongres," kata Humas Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kemendikbudristek Darmawati di Banjarmasin, Sabtu.

Dalam PKN bertema "Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan", salah satu persoalan yang disorot berupa lunturnya kebudayaan Pasar Terapung Muara Kuin yang memiliki kaitan erat dengan berdirinya Kerajaan Banjar.

Baca juga: Festival Pasar Terapung Kalsel masuk Kharisma Event Nusantara

Ia mengatakan, fakta pada pertengahan abad ke-16, Sultan Suriansyah mendirikan kerajaan di tepi Sungai Kuin dan Barito yang menjadi cikal bakal Kota Banjarmasin. Aktivitas perdagangan di tepi sungai pun tumbuh pesat.

Mengingat posisinya berada di pertemuan beberapa anak sungai, pasar itu berkembang secara alami. Selain orang Kuin, para pedagang juga berasal dari daerah Tamban, Anjir, Alalak, dan Berangas.

Seiring perkembangan zaman, praktik baik yang dibangun melalui peradaban Pasar Terapung Kuin saat ini kian menyusut, dibuktikan dengan hilangnya budaya akad transaksional perdagangan, hilangnya budaya barter barang dagangan, dan kerusakan lingkungan.

Hal lain yang juga penting disuarakan dalam kegiatan itu, kata Darmawati, adalah perpindahan konsumen pasar dari ekosistem sungai ke pasar darat yang ada di sepanjang bantaran.

Pasar Terapung Kuin di Banjarmasin adalah salah satu tempat yang muncul karena keberadaan berbagai sungai di banyak wilayah lain yang terhubung dengan Banjarmasin.

Baca juga: BIN Kalsel susur sungai untuk vaksinasi pedagang pasar terapung

Para pedagang dan pembeli di tempat itu menggunakan jukung (sebutan untuk perahu dalam bahasa banjar) untuk membawa dan jual beli sayur mayur, maupun hasil kebun dari kampung-kampung sepanjang aliran Sungai Barito dan anak-anak sungainya.

Pasar tradisional yang dibuka pada waktu subuh hingga selepas pukul 07.00 WITA itu memiliki keistimewaan berupa transaksi barter antarpara pedagang atau yang dikenal dengan sebutan bapanduk.

Sebagai perayaan nasional yang diadakan Kemendikbudristek, kata Darmawati, PKN 2023 menghadirkan semangat pengenalan praktik baik kebudayaan yang diramu dalam serangkaian kegiatan sebagai wadah kolektif yang melibatkan berbagai aspek lingkungan dan unsur, mulai dari pegiat budaya hingga masyarakat.

Rangkaian PKN 2023 disiapkan oleh delapan kuratorial yakni Temu Jalar, Rantai Bunyi, Gerakan Kalcer, Laku Hidup, Jejaring, Rimpang, Berliterasi Alam dan Budaya, Pendidikan yang Berkebudayaan, dan Sedekah Bumi Project.

Persoalan yang disuarakan dalam kegiatan itu, kata Darmawati, diangkat dalam agenda Kongres di Oktober 2023 yang melibatkan pemangku kepentingan terkait untuk memperoleh solusi.
Pedagang kerajinan tangan rajutan topi berjualan di dalam jukung Pasar Terapung Kuin, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (9/9/2023). (ANTARA/Andi Firdaus)


Seniman Madihin sekaligus tokoh masyarakat setempat Ahmad Sya'rani mengatakan jumlah pedagang yang bertahan saat ini berkisar belasan perahu. Jumlah itu menyusut dalam kurun 26 tahun terakhir yang mencapai puluhan pedagang.

"Ada kekhawatiran Pasar Terapung Kuin ini menghilang. Sekarang lebih banyak pembeli yang berpindah ke darat karena jalur infrastruktur di sekitar kawasan yang sudah menghubungkan setiap sisi bantaran sungai," katanya.

Selain itu, pengerasan lahan bantaran dari semula lahan gambut menjadi beton juga membawa perubahan tata ruang yang signifikan. Banyak pedagang yang semula membuka usaha di perahu, berpindah menggunakan bangunan kios di daratan.

"Perubahan zaman ini sesuatu yang baik dan tidak bisa dihindari. Tapi kami ingin semua praktik baik dalam peradaban Pasar Terapung Kuin tetap harus dipertahankan," katanya.

Baca juga: RSI Banjarnegara Jateng gelar pemeriksaan kesehatan gratis di Kalsel

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023