Solo (ANTARA) - Pelatih timnas China Taipei U-23 Tseng Tai-Lin memetik pengalaman berharga ketika timnya menderita kekalahan telak 0-9 dari Indonesia pada kualifikasi Piala Asia U-23 2024 Grup K di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9).

Pada laga itu, melalui gol-gol yang dilesatkan oleh Marselino Ferdinan (dua gol), Ramadhan Sanantha, Hokky Caraka, Ilham Rio Fahmi, Elkan Baggot, Rafael Struick, Pratama Arhan, dan Witan Sulaeman, tim asuhannya kebobolan lima gol pada babak pertama dan kebobolan empat gol pada babak kedua.

“Pertama-tama, selamat kepada Indonesia atas kemenangan ini. Kami tahu kalau pertandingan ini akan menjadi laga yang berat. Ini akan menjadi pengalaman berharga bagi kami,” kata Tseng pada jumpa pers seusai pertandingan.

Pengalaman berharga ini, kata Tseng, akan dijadikannya pelajaran untuk mengevaluasi kekurangan yang dimiliki timnya dan membentuk tim yang lebih baik ke depan.

“Kami bisa mengevaluasi tim. Kami akan terus bekerja keras,” ucap Tseng.

Dalam kesempatan yang sama, Tseng juga memberikan sedikit komentar tentang jalannya laga. Ia mengatakan, timnya tidak memulai laga dengan baik karena dalam 10 menit awal sudah kebobolan dua gol dari Indonesia yang diasuh pelatih Shin Tae-yong.

Baca juga: Shin Tae-yong: Menang 9-0 bukti sepak bola Indonesia berkembang

Kesalahan itu terjadi ketika Indonesia mencetak gol pertama dengan mudah melalui tendangan bebas Marselino pada menit ke-2 dan dilanjutkan ketika salah satu bek timnya yang membuat blunder dan berujung pada gol kedua yang dilesatkan Sananta pada menit ke-7.

“Dalam sepuluh menit pertama, kami membuat beberapa kesalahan,” ucap Tseng.

Kiprah China Taipei di kualifikasi Piala Asia U-23 2024 sangat buruk karena dari dua pertandingan di Grup K, melawan Turkmenistan dan Indonesia, mereka kemasukan 13 gol dan tanpa memasukkan gol sama sekali.

“Pengalaman yang sungguh luar biasa untuk akhir pekan ini, setiap pemain memberikan perlawanan yang sangat hebat, dan berharap suatu saat kita bisa memiliki tim seperti Indonesia,” tutup Tseng.

Baca juga: Cetak dua gol jadi kado indah untuk ulang tahun Marselino Ferdinan
Baca juga: Erick nilai kemenangan 9-0 Indonesia dari China Taipei sangat spesial


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023