Peringatan ulang tahun Giant Panda Hu Chun kami laksanakan rutin setiap tahun
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Taman Safari Indonesia (TSI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memperingati ulang tahun ke-13 Hu Chun, salah satu panda raksasa dengan berbagai kegiatan pada 9-10 September 2023.

General Manager Taman Safari Bogor Emeraldo Parengkuan di Bogor, Minggu, menyebutkan bahwa ulang tahun Hu Chun yang jatuh pada 9 September dipusatkan di Istana Panda, Taman Safari Bogor.

“Peringatan ulang tahun Giant Panda Hu Chun kami laksanakan rutin setiap tahun," ungkap Emeraldo.

Beberapa kegiatan yang diselenggarakan yaitu, face painting atau melukis wajah pengunjung, keeper talk, hingga kuis dan membagi-bagikan doorprize.

Emeraldo mengatakan, Giant Panda Hu Chun adalah salah satu satwa primadona di Taman Safari Bogor.

“Sudah lima tahun Istana Panda berdiri di Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor. Sejak kedatangan satwa panda bernama Hu Chun dan Cai Tao dari China pada 28 September 2017 lalu, Istana Panda menjadi primadona tujuan pengunjung TSI,” kata Emeraldo.

Cai Tao adalah panda jantan yang lahir tanggal 4 Agustus 2010. Nama Cai Tao sendiri berarti pemuda yang tampan, karismatik, dan bangsawan. Sementara itu, Hu Chun adalah panda betina yang lahir pada 8 September 2010. Nama Hu Chun berarti danau di musim semi atau si cantik dari alam.

Cai Tao dan Hu Chun berasal dari Chengdu, Provinsi Sinchuan, Tiongkok. Keduanya langsung dikarantina di TSI Cisarua, Bogor, setelah tiba di Indonesia pada tanggal 28 September 2017.

Usai melewati proses karantina, sepasang panda raksasa tersebut telah beradaptasi baik dengan lokasi, iklim, dan cuaca sekitar, termasuk dengan penjaga satwa serta dokter hewan yang merawatnya.

Saat datang ke Indonesia Cai Tao si panda jantan memiliki bobot 128 kg, sedangkan pasangannya Hu Chun berbobot 113 kg.

Pengiriman panda tersebut merupakan hasil kerja sama Indonesia-Tiongkok di bidang konservasi satwa. Kesepakatan tersebut dicapai dalam peringatan 63 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Tiongkong pada 2013.

Kemudian ditindaklanjuti dengan penandatanganan nota kesepahaman pada 2016. Nota kesepahaman itu dilaksanakan melalui kerja sama konkret antara PT Taman Safari Indonesia dengan China Wildlife Conservation Association (CWCA).

Baca juga: TSI Bogor tutup sementara wahana Safari Malam
Baca juga: Taman Safari Bogor umumkan perubahan rute "Safari Journey"

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023