Kita menargetkan pada November 2023 ini Kabupaten Rejang Lebong sudah bisa mencapai Universal Health Coverage atau UHC
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menargetkan pada  2023 bisa mencapai jaminan kesehatan semesta dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kepala Dinas (Dinkes) Rejang Lebong Rephi Meido Satria saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan jumlah warga daerah itu yang sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan dalam program JKN-KIS lebih dari 251.000 orang, atau berkisar 89 persen dari jumlah penduduk 282.464 jiwa.

"Kita menargetkan pada November 2023 ini Kabupaten Rejang Lebong sudah bisa mencapai Universal Health Coverage atau UHC," kata dia.

Baca juga: Dinkes Kulon Progo sisir penduduk belum masuk kepesertaan JKN

Dia menjelaskan, untuk meraih predikat UHC atau jaminan kesehatan semesta ini setidaknya masih ada 30.000 warga daerah itu yang harus didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan sehingga kepesertaannya bisa mencapai 98 persen.

Untuk mencapai UHC ini, kata dia, pihaknya sudah mengusulkan pembiayaan kepesertaan masyarakat Rejang Lebong yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan dalam APBD Perubahan tahun 2023.

Target pencapaian UHC dalam program JKN-KIS ini, tambah dia, sudah diatur dalam Inpres No. 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional, kemudian ada juga instruksi dari mendagri, instruksi gubernur dan instruksi bupati setempat guna membentuk tim percepatan pencapaian UHC.

Baca juga: Dirut BPJS: JKN Indonesia jadi contoh banyak negara dunia

Tim percepatan pencapaian UHC Kabupaten Rejang Lebong ini diketuai oleh Sekda Kabupaten Rejang Lebong dengan wakilnya asisten I, sekretaris dinas kesehatan dengan anggota dinas sosial, dinas tenaga kerja dan transmigrasi, serta dinas pemberdayaan masyarakat desa.

"Untuk percepatan peserta penerima bantuan iuran atau PBI dari APBN dilakukan dinas sosial, sedangkan dinkes untuk program PBI dari pemda, disnakertrans untuk para pekerja di perusahaan serta dana desa dari PMD. Kekurangannya nanti Pemkab Rejang Lebong yang menutupinya," jelas Rephi.

Sebelumnya data dari BPJS Kesehatan Cabang Curup menyebutkan dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu saat ini yang belum mencapai UHC ada dua kabupaten, yakni Kabupaten Rejang Lebong dan Bengkulu Utara, sedangkan delapan daerah lainnya sudah UHC.

Baca juga: BPJS Kesehatan 96,65 persen warga Kepri sudah terdaftar JKN-KIS

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023