Jakarta (ANTARA) - Belanda menang 2-1 di markas Irlandia di Dublin, pada kualifikasi Piala Eropa 2024, yang dimainkan pada Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Di tempat lain, Polandia menelan kekalahan untuk ketiga kalinya sepanjang kualifikasi Piala Eropa 2024 saat mereka dijamu Albania.

Pasukan Belanda yang dilatih Ronald Koeman berhasil bangkit dari ketinggalan saat melawan Irlandia, dan berkat kemenangan itu mereka bertahan di posisi kedua Grup B di bawah Prancis.

Belanda memiliki koleksi poin yang sama dengan tim peringkat ketiga Yunani. Yunani sendiri telah memainkan satu pertandingan lebih banyak dan menang besar 5-0 atas Gibraltar.

Belanda dikejutkan oleh gol Irlandia pada menit kelima, yang didapat melalui eksekusi penalti Adam Idah. Penalti itu diberikan wasit karena tangan Virgil van Dijk dinyatakan mengenai bola di kotak terlarang.

Namun momentum Irlandia meredup pada menit ke-19, ketika kesalahan Matt Doherty membuat Denzel Dumfries dijatuhkan kiper tuan rumah Gavin Bazunu di kotak terlarang.

Cody Gakpo menjadi eksekutor penalti Belanda, dan pemain Liverpool itu tidak membuang peluang untuk menyamakan kedudukan. Itu sekaligus menjadi gol kedua Gakpo pada jeda internasional kali ini.

Baca juga: Cody Gakpo bakal semakin diburu setelah Piala Dunia 2022

Kiper Irlandia Bazunu melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan peluang Donyell Malen sebelum turun minum. Namun Belanda berbalik unggul pada menit ke-56 saat Wout Weghorst menyambut umpan sundulan Dumfries untuk dikonversi menjadi gol penentu kemenangan.

Irlandia gagal mengemas gol balasan, dan tetap menghuni peringkat keempat di klasemen grup. Mereka tertinggal enam poin dari Belanda dengan tiga pertandingan tersisa.

Di Tirana, upaya Polandia untuk lolos ke Piala Eropa untuk kelima kalinya secara beruntun mendapat hantaman akibat mereka kalah 0-2.

Albania kini memuncaki klasemen Grup E, dengan keunggulan dua poin atas Republik Ceko dan Moldova, sedangkan Polandia tertinggal dua poin dan menghuni posisi keempat.

Jasir Asani membuka keunggulan Albania melalui sepakan kaki kirinya dari luar kotak penalti pada menit ke-37.

Mirlind Daku mengamankan tiga poin bagi Albania, saat ia mengemas gol kedua timnya pada menit ke-60.

Pada pertandingan lain di Grup E, Moldova meneruskan perjuangan mereka untuk lolos ke putaran final dengan kemenangan tipis 1-0 atas Kepulauan Faroe. Gol semata wayang Moldova dibukukan oleh Vadim Rata pada menit ke-53.

Baca juga: Inggris dan Irlandia bakal calonkan diri jadi tuan rumah Euro 2028

Denmark taklukkan Finlandia 1-0

Denmark mengambil langkah besar untuk dapat lolos dari Grup H, berkat keberhasilan menaklukkan tuan rumah Finlandia dengan skor 1-0. Gol semata wayang Denmark pada laga tersebut dibukukan oleh Pierre-Emile Hojgjerg pada menit ke-86.

Denmark kini unggul satu poin atas lawannya itu di posisi dua besar, selevel dengan Slovenia yang menang 4-0 atas San Marino.

"Gol itu menghadirkan rasa lega dan ini merupakan kemenangan yang sangat penting bagi kami. Finlandia adalah tim yang bagus dan mereka tidak membuat pekerjaan kami menjadi mudah," kata pelatih Denmark Kasper Hjulmand.

Empat tim teratas di Grup H hanya terpisahkan satu poin, setelah Kazakhstan menjaga peluang mereka lolos ke turnamen utama untuk pertama kalinya dengan kemenangan 1-0 atas Irlandia Utara.

Di tempat lain, Aleksandar Mitrovic mengemas trigol pada babak pertama ketika Serbia menang 3-1 atas Lithuania untuk menjaga peluang mereka tampil di putaran final tahun depan.

Serbia menghuni peringkat kedua di Grup G, unggul dua poin atas Mnotenegro, yang menang 2-1 saat menjamu Bulgaria. Stevan Savic membawa Serbia memimpin pada menit ke-46, sebelum Bulgaria menyamakan kedudukan berkat gol Preslav Borukov pada menit ke-79. Serbia kemudian memastikan kemenangan berkat gol Stevan Jovetic pada menit ke-97.

Baca juga: Politano dan Mancini dipastikan absen saat Italia hadapi Ukraina
Baca juga: Ronaldo masuk daftar skuad Portugal untuk kualifikasi Piala Eropa 2024

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023