Jakarta (ANTARA) - Petenis putra Novak Djokovic memberikan tribut atau penghormatan kepada mendiang bintang bola basket Kobe Bryant setelah ia meraih gelar Grand Slam ke-24, Senin WIB.

Djokovic yang memenangkan final US Open 2023 usai mengalahkan Daniil Medvedev 6-3, 7-6 (7/5), 6-3 tersebut mengenakan kaos "Mamba Forever" selama prosesi penyerahan trofi.

Kaos tersebut menggambarkan Djokovic bersama Bryant -- pebasket yang dijuluki "Mamba". Di bagian belakang terdapat angka 24, nomor yang dikenakan ikon Los Angeles Lakers itu selama kariernya di NBA.

"Saya berpikir untuk membuat kaos ini beberapa hari yang lalu. Saya tidak membaginya dengan siapa pun. Kobe adalah teman dekat saya, kami banyak ngobrol, tentang mentalitas pemenang," kata Djokovic, dikutip dari AFP.

Djokovic mengatakan Bryant, yang meninggal dalam kecelakaan helikopter tiga tahun lalu, telah membantunya melewati masa-masa paling menantang dalam kariernya – terutama cedera siku yang mengancam kariernya pada tahun 2017.

"Saat saya berjuang melawan cedera dan mencoba untuk kembali ke puncak, dia adalah salah satu orang yang paling saya andalkan, dia selalu ada untuk memberikan dukungan dengan cara yang paling baik dan hangat," kata petenis Serbia itu.

Baca juga: Djokovic koleksi 24 gelar Grand Slam lewat kemenangan US Open 2023

"Kepergiannya sangat menyakiti saya dan nomor 24 adalah angka yang ia kenakan di Lakers, jadi saya pikir akan menyenangkan untuk memberikannya penghormatan," ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, Medvedev turut mengapresiasi Djokovic yang memenangkan 24 Grand Slam sepanjang kariernya. Petenis Rusia itu menilai, Djokovic pantas menyandang titel juara dan ia merupakan atlet dengan karakter yang hebat.

"Ketika kami pertama kali bermain, saya mungkin berada di peringkat 500 dunia. Dan dia sangat baik kepada saya. Tidak ada yang istimewa, tapi dia memperlakukan saya seperti orang normal. Dan dia masih melakukannya. Tidak ada yang berubah," kata Medvedev.

"Dan menurut saya, itu adalah sesuatu yang hebat tentang seseorang yang bisa kamu katakan," ujarnya menambahkan.

Medvedev mengatakan mengalahkan Djokovic di final US Open 2021 merupakan pencapaian terbesar dalam karirnya hingga saat ini.

"Dari satu sisi saya dapat mengatakan, dan sungguh menurut saya ini luar biasa, bahwa saya mengalahkan Novak di final Grand Slam, yang mungkin saat ini merupakan puncak karier saya," ujarnya.

"Tapi tahukah kalian, (Djokovic) mendorong saya untuk menjadi lebih baik," imbuhnya.

Baca juga: Djokovic capai rekor baru jelang semifinal US Open

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023